5 Manfaat Di Balik Buah Semangka yang Perlu Diketahui
16 Apr/2019

5 Manfaat Di Balik Buah Semangka yang Perlu Diketahui

Buah semangka adalah salah satu buah yang memiliki bentuk bulat besar dengan warna hijau dan corak yang khas. Walaupun memiliki bentuk yang besar dan warna kulit yang hijau, buah semangka memiliki daging buah yang lembut dan juga manis dengan kandungan air yang menyegarkan, cocok dikonsumsi saat matahari terik di siang hari. Di balik bentuk besar buah semangka, ternyata juga menyimpan banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Yuk, cari tahu apa saja manfaatnya bagi tubuh kita.

 

Baik untuk Menutrisi Tulang

Kandungan dalam buah semangka ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, salah satunya adalah untuk menutrisi dan memperkuat tulang dan otot. Kandungan yang ada di dalam buah semangka yang bekerja untuk menutrisi tulang dan otot adalah Lycopene dan kandungan kalsium. Kedua nutrisi inilah yang mencegah tulang terhindar dari berbagai macam penyakit salah satunya osteoporosis.

 

Mengatasi Dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu keadaan di mana tubuh kekurangan cairan yang jika dibiarkan maka akan membuat kinerja organ tubuh mengalami gangguan dan yang paling parah bisa membuat kematian. Seperti yang kita ketahui bahwa semangka memiliki kandungan air yang sangat banyak dibanding buah-buahan pada umumnya. Kandungan air yang banyak membuat buah semangka sangat cocok untuk dijadikan jus atau minuman lainnya yang efektif untuk menghilangkan dehidrasi dan menstabilkan kandungan air dalam tubuh.

 

Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu kandungan dalam buah semangka adalah vitamin A dan Beta-karoten seperti yang ada di dalam sayur-sayuran seperti wortel, brokoli, dan bayam. Kandungan Beta-karoten dan vitamin A yang tinggi pada buah semangka akan mampu menjaga kesehatan mata dan khususnya bisa menjaga pigmen retina dari kerusakan penglihatan. Konsumsi buah semangka secukupnya dan imbangi dengan pola hidup yang sehat.

 

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan vitamin pada buah-buahan sangat banyak, khususnya kandungan vitamin C pada satu buah semangka ternyata setara dengan beberapa kandungan vitamin C pada buah jeruk. Kandungan vitamin C yang cukup pada tubuh akan membuat imunitas tubuh lebih kuat dan mampu menangkal berbagai penyakit khususnya di musim hujan.

Mencegah Kanker

Penyakit kanker adalah penyakit berbahaya yang bisa menjangkit siapa saja yang memiliki gaya hidup yang kurang menyehatkan. Nah, salah satu buah-buahan yang mampu mencegah dari penyakit kanker adalah buah semangka. Kandungan likopen dalam semangka ternyata berkhasiat untuk mencegah dari berbagai penyakit kanker mulai dari kanker paru-paru hingga endometrium. Makan buah semangka dengan teratur dan juga imbangi dengan olahraga setiap hari selama 30 menit setiap hari.

 

Nah, itulah sedikit tentang manfaat dari buah semangka yang perluh diketahui, kunci dari hidup sehat adalah dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur setiap harinya.

 

Artikel Lainnya

Gak Perlu Gonta-Ganti HP, Ikuti Tips Ini Biar HP-mu Awet

Gak Perlu Gonta-Ganti HP, Ikuti Tips Ini Biar HP-mu Awet

Setiap tahun rasanya pasti ada saja produk terbaru dari bermacam-macam merek ponsel. Designnya yang ...

Kreasi Mural di Dinding Kamar, Simple dan Minimalis

Kreasi Mural di Dinding Kamar, Simple dan Minimalis

Kesenian adalah suatu hal yang paling banyak diminati banyak orang, hampir semua orang selalu suka j...

7 Film Komedi Indonesia Yang Ternyata Punya Makna Mendalam

7 Film Komedi Indonesia Yang Ternyata Punya Makna Mendalam

Hiburan yang paling mudah untuk kita nikmati selama di rumah aja adalah menonton film. Memang, selai...

Begini Cara untuk Mendeteksi Akan Terjadinya Gempa

Begini Cara untuk Mendeteksi Akan Terjadinya Gempa

Indonesia merupakan negara dimana kepulauannya dilalui oleh garis khatulistiwa yang membuat negara t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once