5 Cara Mengatasi Kulit Kusam Dan Penyebabnya
19 Jun/2019

5 Cara Mengatasi Kulit Kusam Dan Penyebabnya

Setiap orang ingin memiliki kulit segar dan lebih bercahaya. Untuk mendapatkannya, dapat diperoleh dengan cara rutin melakukan perawatan pada kulit serta menjaga waktu tidur dan asupan makan. Meski sudah melakukan hal-hal tersebut, tetap saja kulit kusam dan tidak bercahaya.

Melansir dari laman Allure, beberapa ahli kulit dan kecantikan memaparkan beberapa penyebab kulit kusam dan cara mengatasinya.

1. Sel Kulit Mati.

Manusia memproduksi jutaan sel kulit setiap hari, jadi kecuali Anda melakukan sesuatu untuk secara aktif menghapus sel-sel yang tidak rontok secara alami, kulit akan terlihat keabu-abuan, tidak peduli warna kulit Anda. Lakukan eksfoliasi dengan lembut sekali atau dua kali dalam seminggu.

Scrub dengan gula atau jojoba ester cukup ringan bahkan untuk kulit yang sensitif, dan scrub kasar dengan cangkang kacang yang baik untuk semua orang. Selain itu, efksoliasi menggunakan AHA dan BHA untuk mengangkat sel kulit mati. Cari formula yang mengandung bahan0bahan yang menenangkan seperti lidah buaya dan teh hijau untuk meminimalkan iritasi.

2. Polusi Udara.

Udara yang tercemar mengandung sejumlah partikel kecil, seperti kotoran dan sulfur dioksida yang menciptakan radikal bebas pada kulit. Radikal bebas merusak kolagen dan menstimulasi produksi pigmen dari waktu ke waktu menyebabkan warna kulit dan merata serta kulit kusam.

Solusinya, bersihkan wajah setiap malam. Jika kotoran harian itu masih melekat, dapat merusak kulit Anda saat tidur. Tetapi jangan ragu untuk mencuci mukaa di pagi hari. Karena polusi menyebabkan peradangan dan dapat mengganggu penghalang kulit. Penting untuk memilih pembersih krim lembut yang membantu membangunnya kembali.

3.  Setres.

Batas waktu kerja, pertengkaran, atau tidur larut malam yang buruk membuat Anda sedikit cemas. Kemudian Anda mendengar tiga kata yang paling menjengkelkan yang pernah dirangkai. Kadar kortisol naik, aliran darah mengalir ke organ-organ vital Anda bukan ke wajah Anda yang akan menyebabkan kulit tampak pucat.

Cobalah memijat wajah sambil membersihkan atau mengoleskan pelembab. Ini cara bagus untuk menstimulasi aliran darah yang akan menambah kilau dan menyuburkan kulit.

4. Dehidrasi.
Tanpa kelembaban bisa mengakibatkan kulit kusam, tetapi masalahnya lebih dalam daripada yang Anda sadari. Hilangnya kelembaban dari bawah permukaan kulit di dermis dan tingkat epidermis yang lebih rendah menyebabkan penurunan ketebalan kulit.

Gunakan serum asam hialuronat dengan jari-jari lembab untuk mendorong kelembapan ke dalam kulit. Kemudian, lapisi pelembab dengan emolien yang kuat, seperti cetyl alcohol atau dimethicone. Emolien membuat film tipis dan transparan di atas permukaan kulit. Film itu akan membantu sel-sel kulit berbaring rata dan memantulkan cahaya dengan lebih baik.

5. Kurang Mineral.

Mineral sangat penting untuk membentuk antioksidan alami tubuh, yang melindungi komponen kulit sehat dan bercahaya. Tetapi sulit untuk mendapatkan jumlah harian yang disarankan dari makanan saja. Minum multivitamin setiap hari. Untuk mencari yang termasuk selenium, tembaga, besi, dan seng. Jumblah yang dibutuhkan masing-masing tergantung usia dan jenis kelamin Anda. 

 

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once