Bahaya Penyakit Farises Bisa Dicegah Sejak Dini
24 Aug/2019

Bahaya Penyakit Farises Bisa Dicegah Sejak Dini

Pada umumnya, penyakit varises terjadi akibat pembengkakan di pembuluh balik (vena). Varises muncul di permukaan kulit pada bagian kaki.



Photo by Gabriela Mendes from Pexels


Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan kalau penyakit varises juga dapat terlihat di bagian tubuh lain. Jika dibiarkan, varises bisa merusak kulit Anda.

Sebenarnya, tidak ada cara yang ampuh untuk mencegah munculnya varises di permukaan kulit. Kecuali Anda mengubah gaya hidup menjadi lebih baik, maka bisa membantu memperlambat kehadiran varises di kulit. Berikut caranya, seperti dilansir dari Hello Sehat.

Rajin Olahraga
Salah satu olahraga yang mampu mencegah varises adalah jalan kaki. Selain itu, yoga juga dapat menjadi pertimbangan. Pose yang dianjurkan adalah headstandshoulder stand, atau legs up the wall.

Gerakan-gerakan tersebut membantu meregangkan dan mengencangkan otot-otot pada betis dan paha belakang, sekaligus melancarkan sirkulasi pembuluh darah vena. Intinya, cara ini bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Ubah Pola Makan
Garam atau makanan yang mengandung sodium menyebabkan tubuh menahan air. Sehingga, membatasi konsumsi makanan asin dan gurih akan meminimalkan situasi tersebut. Ganti dengan zat kalium karena dapat mengurangi retensi air di dalam tubuh, seperti almond, kentang, ikan tuna, salmon, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.

Orang yang memiliki berat badan berlebih sangat rentan terkena varises. Ubah pola makan agar varises tidak timbul di tubuh.

Jangan Terlalu Lama Duduk dan Berdiri
Posisi duduk atau berdiri yang dilakukan dalam kurun waktu lama bisa menyebabkan varises. Hal itu terjadi karena kedua posisi tersebut mempersulit sirkulasi darah di kaki, sehingga tekanan pada pembuluh darah meningkat.

Alhasil, darah menggumpal mulai pergelangan kaki hingga betis dan membuatnya bengkak serta lebih pegal. Luruskan kaki, atau sekadar menggerakkannya, agar pembuluh darah kembali lancar.


Berhenti Merokok

Penyebab lain penyakit varises adalah merokok. Kandungan nikotin di dalamnya membuat pembuluh darah menjadi kaku dan lebih sempit, sehingga tidak elastis. Berhenti merokok sekarang juga, demi mencegah penyakit varises tumbuh lebih cepat.

Tidak Memakai Baju Terlalu Ketat
Memakai baju terlalu ketat akan menghambat aliran darah di tubuh. Sirkulasi darah jauh lebih lancar apabila Anda mengenakan pakaian yang sedikit longgar.

Seiring waktu, katup vena akan semakin melemah, sehingga varises pun semakin buruk. Mulai dari faktor usia, hingga riwayat keluarga juga turut memicu varises. Namun, dengan mengikuti cara-cara di atas secara rutin, Anda dapat menjaga tekanan darah serta mencegah penyakit varises.

Artikel Lainnya

Pekerjaan Menumpuk? Lakukan Cara ini Agar Anda Tetap Fit

Pekerjaan Menumpuk? Lakukan Cara ini Agar Anda Tetap Fit

Bekerja merupakan kegiatan sehari-hari agar bisa tercukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Banyak orang...

Cara Merawat Kulit Pada Saat Banjir

Cara Merawat Kulit Pada Saat Banjir

Saat ini Indonesia sedang memasuki musim penghujan. Genangan air sudah menjadi hal yang biasa pada s...

Apa Itu Gig Economy? Mengenal Gig Economy

Apa Itu Gig Economy? Mengenal Gig Economy

Dengan berkembangnya teknologi dan perusahaan secara global, istilah 'gig economy' saat ini memang m...

Sering Menguap Saat Kerja? Tanda Tubuh Kekurangan Oksigen

Sering Menguap Saat Kerja? Tanda Tubuh Kekurangan Oksigen

Sebagiaan besar orang mengetahui menguap sebagai tanda kurangnya tidur atau kondisi dimana seseorang...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once