Baik Buruk Mandi Uap di Sauna Bagi Pria
25 May/2019

Baik Buruk Mandi Uap di Sauna Bagi Pria

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan pria pada akhir pekan adalaah mandi uap di sauna. Namun jarang dari mereka yang tahu apa manfaat dan ancaman sauna terhadap kesehatan.

Secara umum, terdapat dua jenis dauna. Pertama, sauna konvensional, Menggunakan pemanas ruangan untuk memanaskan udara. Kedua, sauna dengan infra merah, memakai energi cahaya tanpa harus meningkatkan suhu.

Suhu tertinggi di dalam ruangan sauna mencapai 90,5 derajat celsius. Angka itu akan meningkatkan suhu kulit sekitar 40 derajat celcius beberapa menit saja. Karena suhu panas, mandi uap di sauna bisa membuat tubuh berkeringat melebarkan pori-pori dan pembuluh darah, melancarkan sirkulasi darah, serta membuat tubuh semakin rileks.

Manfaat dari mandi uap di sauna.
Sauna adalah bentuk relaksasi yang mengurangi stres serta memulihkan kondisi tubuh sehabus berolahraga, karena efektif memperbaiki jaringan otot yang cedera atau sakit.

Beberapa penelitian menyebutkan, sauna infra merah efektif mereduksi nyeri kronis, misal pada penderita sakit kepala dan radang sendi.

Penyakit lain yang bisa dicegah dengan uap di sauna tersebut yaitu gaagal jantung kongesif, rheumatoid arthritis, serta tekanan darah tinggi.

Meski demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut guna mengetahui apakah sauna infra merah benar-benar efektif membantu p[engobatan penyakit-penyakit yang telah disebutkan di atas.

Risiko sauna.
Selain memiliki manfaat, sauna ternyata juga menyimpan beberapa risiko. Menyebabkan kenaaikan suhu pada kulit dan tubuh. Kenaikan suhu tubuh dapat mengaruhi respon jantung dan tekanan pada darah.

Sebuah penelitian di Finlandia menemukan 29 kasus serangan jantung yang terjadi dalam kurun waktu tiga jam setelah melakukan sauna. Ketika Anda berada di sauna, laju jantung akan semakin cepat sebanyak 30%, akan mengakibatkan pembuluh darah jantung melebar dan mengurangi tekanan darah.

Karena itu, penderita penyakit pada jantung tidak dianjurkan untuk mandi uap di sauna. Konsultasi ke dokter terlebih dahulu jika Anda mempunyai keinginan mandi uap di sauna agar kedepan kesehatan Anda tetap terjaga.

Selain itu, sauna juga membuat tubuh menghasilkan keringan dalam jumlah banyak, Sehingga tubuh akan mengalami kekurangan cairan aatau dehidrasi. Dianjurkan minum air putih debelum dan sesudah sauna agar tubuh tetap memiliki cairan yang cukup.

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once