Cara Cepat Meredakan Batuk
11 Oct/2019

Cara Cepat Meredakan Batuk

Batuk merupakan salah satu penyakit yang mengganggu kelancaran sistem saluran pernafasan. Penyakit ini jika dibiarkan, akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Batuk dibagi kedalam 2 jenis, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Jika Anda sering terserang batuk dan selalu mengkonsumsi obat-obatan kimia, ada baiknya jika Anda mengatasi batuk menggunakan bahan-bahan alami yang minim atau bahkan tidak memiliki efek samping. Bagaimanakah cara mengatasi batuk dengan cara yang aman? Simak penjelasan berikut ini:

 

Minum banyak air putih

Air putih memang memiliki banyak sekali manfaat baik untuk tubuh manusia, karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Obat batuk alami yang pertama adalah minum banyak air putih. Untuk meringankan batuk, Anda harus memperbanyak minum air putih adalah cara paling mudah yang bisa di lakukan.

 

Mandi dan berendam air hangat

Siapa sangka ternyata madi air hangat memiliki manfaat yang sama dengan meminum air hangat. Uap yang dihasilkan dari air hangat dan Anda hirup, dapat membantu melonggarkan saluran hidung dan mulut yang tersumbat karena terserang flu dan batuk. Lakukan setidaknya satu kali sehari pada saat Anda terserang batuk.

 

Minum minuman yang melegakan tenggorokan

Air jahe atau biasa disebut wedang jahe adalah salah satu minuman yang dianjurkan dan mampu meredahkan batuk secara cepat, karena termasuk kedalam golongan minuman yang dapat melegakan tenggorokan. Jahe mampu mengurangi rasa gatal di tenggorokan akibat batuk, dan mampu menghangatkan tenggorokan. Selain itu, Anda juga bisa minum secangkir teh hangat yang dicampur madu kemudian ditambah dengan irisan lemon, untuk melegakan hidung tersumbat sekaligus tenggorokan Anda. Konsumsi minuman herbal ini dengan rutin, setidaknya 1-2 kali sehari dengan keadaan hangat setelah makan atau sebelum tidur.

 

Madu dan jeruk nipis

Sesendok madu sebelum tidur ternyata mampu membuat seseorang yang terkena batuk bisa sembuh dan reda. Ini dikarenakan banyaknya kandungan vitamin C pada madu mampu meredakan sakit pada tenggorokkan dan melancarkan pernafasan. Selain itu, mengkonsumsi madu dan jeruk nipis juga sangat efektif untuk meredakan batuk yang menganggu aktivitas. Anda dapat mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air hangat sebanyak 100ml, kemudian campurkan dengan dua sendok madu dan minum dalam keadaan hangat untuk merasakan khasiatnya.

 

Bagaimana? Apakah Anda ingin beralih ke pengobatan alami tanpa efek samping? Anda dapat menerapkan resep tersebut, dan jangan lupa juga untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat lainnya seperti buah-buahan dan sayuran hijau, yang bisa melindungi Anda dari berbagai macam penyakit.

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...