Cara Merawat Wajah Agar Terhindar dari Masalah Kulit
19 Sep/2019

Cara Merawat Wajah Agar Terhindar dari Masalah Kulit

Setiap wanita ingin memiliki kulit yang sehat, cerah, bersih, dan terbebas dari masalah kulit. Berbagai masalah kulit seperti kerutan, flek hitam, kusam, maupun jerawat biasanya disebabkan oleh perawatan kulit yang salah.

Tak ayal berbagai cara perawatan wajah dilakukan untuk mengatasinya dengan cepat. Sayangnya, sudah mencoba beragam skincare terkenal tak kunjung membuahkan hasil, bahkan malah memperparah kondisi wajah.

Mungkin ada yang terlewat atau keliru ketika melakukan perawatan kulit wajah. Sebab kamu perlu menyesuaikan produk, metode, dan teknik perawatan yang sesuai dengan jenis kulit supaya tidak memperburuk kondisi wajah. Berikut langkah perawatan agar wajah tetap sehat dan jauh dari berbagai masalah kulit. 

1) Kenali Tipe Kulit Wajah
Setiap orang memiliki tipe kulit wajah berbeda, seperti normal, kering, berminyak, kombinasi, hingga sensitif. Berbeda tipe kulit pun membutuhkan perawatan yang berbeda pula, baik produk maupun metode treatment.

Misalnya, bagi kulit kering disarankan memilih produk yang menghidrasi, kulit berminyak dengan produk yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori, dan sebagainya.

2) Double Cleansing alias Pembersihan Ganda
Apa pun tipe kulit wajahmu, pastikan selalu menjaga kebersihan wajah dengan rajin membersihkan muka. Agar tak ada kotoran yang tertinggal, lakukan teknik double cleansing atau pembersihan ganda. 

Pertama, bersihkan wajah dengan make-up remover atau micellar water lebih dulu untuk mengangkat kotoran dan membersihkan sisa make-up. Kedua, cuci muka menggunakan air hangat-hangat kuku untuk membersihkan residu make-up dan minyak atau kotoran yang masih tersisa di wajah.

Untuk tipe kulit berminyak atau kombinasi, baiknya menggunakan cleanser berbahan dasar gel atau busa (foam) untuk membersihkan pori secara menyeluruh dan mengangkat minyak berlebih.

Sementara, tipe kulit kering atau sensitif sebaiknya menggunakan cleanser berbahan krim, yang biasanya berupa susu atau lotion. Cream cleanser mengandung kadar pelembap lebih tinggi sehingga kadar minyak alami di wajah Anda tetap terjaga.

3) Hindari Menyentuh Wajah
Selain mencuci muka, biasakan untuk tidak mudah menyentuh wajah. Dalam beraktivitas sehari-hari, tangan bersentuhan dengan banyak hal sehingga mudah terkena kuman. Pastikan hanya menyentuh dengan tangan bersih supaya wajah tetap bersih dan tidak muncul jerawat. 

4) Tidak Sembarangan Mengeringkan Wajah
Usai mencuci, keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk halus, bukan menggosok. Melansir situs Makeup.com, ahli kesehatan kulit Stacy Pox mengatakan kulit wajah adalah organ tubuh tertipis dan tersensitif. Sehingga segala perawatan harus dengan tindakan serba lembut. 

Pastikan selalu menggunakan handuk bersih untuk mengelap wajah. Sebagian besar masalah jerawat disebabkan proses pengeringan wajah yang tidak higienis. Bedakan juga handuk yang digunakan untuk wajah dengan handuk mandi.

5) Gunakan Toner
Usai mencuci dan mengeringkan wajah, selanjutnya gunakan toner untuk membersihkan pori dan menjaga pH kulit wajah, terlebih setelah terkena bahan kimia dari cleanser.

Sebagian besar orang sengaja tidak menggunakan toner karena khawatir kandungan keras pada toner menyebabkan iritasi. Padahal terdapat banyak sekali jenis toner yang menghidrasi kulit. 5) Gunakan Toner

Nah, pastikan kamu memilih toner dengan kandungan bahan yang baik dan sesuai kebutuhan kulit wajah. Jika kulit wajah cenderung kering dan sensitif, pastikan toner Anda bebas alkohol agar minyak alami wajah tidak terangkat berlebihan yang bisa menyebabkan kulit semakin kering.

Jika wajah cenderung berminyak, baiknya Anda menggunakan toner berbahan tea tree oil untuk membersihkan minyak pada pori secara maksimal namun tetap menjaga kelembapan.

6) Wajah juga butuh 'vitamin'

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once