Fakta Mengerikan Merokok Sambil Minum Kopi
30 May/2019

Fakta Mengerikan Merokok Sambil Minum Kopi

Kopi dan rokok seolah telah menjadi sahabat. Kebiasaan minum kopi sambil menghisap rokok memang sudah menjadi pandangan umum dimana-mana, terutama bagi kaum pria. Bahkan sampai ada anggapan bahwa, belum lengkap rasanya kalau ngopi tidak menghisap rokok.

Di sisi lain, bahkan ngopi sambil merokok menjadi dalih lepas penat sejenak dari rutinitas, dan kebiasaan ini kerap dilakukan sambil mengobrol dengan teman atau rekan kerja. Uniknya, sebenarnya kebiasaan ini telah diketahui efeknya tidak sehat. 

Menurut sebuah studi. Merokok dan kopi berinteraksi satu sama lain dan menghasilkan efek yang sangat berbaahaya pada jantung. Mengingat seringnya merokok dan ditambah banyaknya kafein, efek ini pada fungsi arteri memiliki implikasi penting bagi kesehatan manusia. 

Disisi lain, dengan menghirup asap pada rokok, akan merusak sistem saraf pusat, kadar gula darah meningkat, pembuluh dara menyusut dan arteri semakin rusak. Ahli gizi menjelaskan kopi bersifat asam jika masuk kedalam tubuh. Jika dikombinasikan dengan rokok maka akan menciptakan tingkat keasaman yang lebih tinggi dan akhirnya akan menghancurkan perut.

Meski kopi dan rokok dapat menjadi stimulasi, tetapi keduanya memiliki efek yang berbeda untuk organ ginjal dan hati. Tubuh mulai bekerja melawan dirinya sendiri dan akhirnya menciptakan energi yang tidak proporsional dan pengembangan depresi yang menyebabkan timbulnya keinginan psikologis dan fisiologis untuk melanjutkan mengonsumsi kopi dan rokok sehingga meningkatkan ketergantungan pada dua hal tersebut.

Lalu bagaimana cara yang aman bagi paraa pecinta rokok dan kopi? Lakukan secara terpisah aktivitas merokok ataupun meminum kopi, sebisa mungkin tinggalkan rokok, sebab tidak memiliki efek kebaikan pada tubuh kita sendiri, justru sebaliknya meninggalkan banyak bahaya bagi tubuh dalam jangka waktu panjang.

Seringkali orang gagal meninggalkan konsumsi rokok karena ia memiliki kebiasaan merokok sambil minum kopi. Jadi saat merokok dan pada saat itulah terbayang kenikmatan menghisap rokok terbayang, pada akhirnya usaha meninggalkan rokok pun gagal.

Baik perokok atau meminum kopi sebaiknya juga dilakukan jangan terlalu sering. Tubuh Anda membutuhkan asupan gizi yang lainnya, tidak semata-mata kafein atau nikotin yang justru membahayakan tubuh Anda konsumsi. Sebaiknya konsumsi juga minuman jus yang kaya serat serta di biasakan meminum air putih untuk menetralkan racun yang ada di rokok dan kopi tersebut.

Kemudian yang lebih penting lagi dan sangat penting dibanding dengan mengkonsumsi kopi yaitu konsumsi air putih sebanyak mungkin namun juga harus dalamm dosis aturan minum. Memiliki fungsi menetralkan kandungan kopi dan rokok yang sudah terlanjur masuk dalam tubuh agar tubuh tidak cepat rusak karena kopi dan merokok.

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once