Hal Yang Harus Dihindari Jika Ingin Memiliki Rambut Yang Sehat
01 Mar/2021

Hal Yang Harus Dihindari Jika Ingin Memiliki Rambut Yang Sehat

Mayoritas perempuan ingin memiiki rambut hitam panjang dan kuat. Orang-orang juga berkata bahwa rambut adalah mahkota yang tetap harus dijaga, dirawat dan diperhatikan secara khusus. Jadi tak jarang kita melihat sejejeran wanita yang duduk di salon-salon untuk mendapat perawatan yang baik untuk rambutnya.

Walaupun begitu, tidak mungkin kita ke salon setiap hari bukan? Tentu kita perlu merawat kesehariannya lewat kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari jika ingin memiliki rambut yang sehat tanpa harus ke salon setiap hari!

1. Menyisir Rambut Yang Masih Basah

Siapa disini yang kebiasannya menyisir rambut sehabis keramas dalam keadaan rambut masih basah? Girls, jangan lakukan itu lagi ya. Menyisir rambut saat masih basah menyebabkan rambut mudah rontok. Hal ini disebabkan karena folikel rambut basah lebih rentan kusut, jika dipaksakan untuk disisir, pasti akan menarik rambut sampai ke akar dan menyebabkan kerontokan.

Lebih baik ditunggu sampai kering baru di sisir ya girls!

2. Jaga Kebersihan Sisir

Rasanya percuma saja jika kita memperhatikan kerapihan rambut, tetapi alat sisirnya tidak bersih. Rambut kita pasti juga lebih mudah terpapar debu dan kotoran lain yang menempel disisir. Rekomendasi untuk membersihkan sisir bisa 1 kali seminggu dengan merendam di air hangat.

3. Mencuci Rambut Dengan Temperatur Air Yang Tidak Tepat

Mandi dengan air dingin disaat hari panas atau air panas disaat cuaca sedang dingin memang menyegarkan, tetapi untuk urusan rambut, temperatur air yang terlalu dingin atau panas juga dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Kebiasaan menggunakan air panas saat keramas akan membuat warna rambut menjadi kusam dan mengaktifkan kelenjar untuk memproduksi minyak berlebih.

Gunakanlah air biasa yang tidak terlalu dingin atau panas, air hangat juga mampu membersihkan kotoran dan meningkatkan sirkulasi darah.

4. Mengeringkan Rambut Dengan Handuk Kasar

Mengeringkan rambut dengan handuk kasar merupakan salah satu kebiasaan yang buruk untuk kesehatan rambut kita, girls. Handuk yang kasar dapat menyebabkan helaian rambut kita tersangkut, dan jika keseringan akan membuat rambut kita rusak karena rontok.

Pakailah handuk dengan bahan yang halus, dan diaplikasikan dengan lembut di rambut, tidak dengan digosok atau diacak-acakin di rambutnya.

5. Jarang Keramas

Girls, syarat utama mendapatkan rambut yang sehat dan indah tentunya dengan rajin keramas ya. Sesuaikan shampoo yang kita gunakan dengan kondisi rambut kita agar penanganannya tepat. Keramaslah dengan rutin sebaiknya per dua hari sekali. 

6. Kurang Menjaga Kelembapan Rambut

Sering kali, sekalipun kita sudah sering keramas dan membersihkan rambut, tetapi rambut kita juga mudah patah, rontok dan kering. Mungkin ini tandanya rambut kita kurang lembap. Tetap menjaga kelembapan kulit kepala dengan memakai kondisioner sehabis keramas dan gunakan vitamin rambut untuk menjaga kekuatan akar bahkan tidak menyebabkan kering dan bercabang di pangkal rambut.

7. Menggunakan Styling Tool Tanpa Perlindungan

Tidak ada salahnya untuk menggunakan styling tools kepada rambut kita, bahkan setiap hari. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah perawatan rambut dan perlindungan rambutnya. Jika kita terbiasa menggunakan styling tools tanpa perlindungan untuk rambut, lebih baik hentikan sekarang dan rawat rambut anda dengan perlindungan yang maksimal, pakailah selalu vitamin rambut dan perlindungan lainnya sebelum memakai styling tools. Temperatur yang begitu panas dari styling tools akan lebih mempercepat kerusakan rambut kita saat tidak memakai perlindungan.

So.. Coba cek yuk kebiasaan kita dalam merawat rambut, tidak mau kan saat bertambah usia nanti rambut kita jadi habis karena kebiasaan merawat rambut yang salah selama ini?

Artikel Lainnya

Variasi Masker dari Alpukat, Cukup Satu Buah Untuk Wajah Glowing

Variasi Masker dari Alpukat, Cukup Satu Buah Untuk Wajah Glowing

Alpukat adalah buah yang cukup digemari untuk di konsumsi masyarakat, selain mengandung banyak manfa...

9 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

9 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

Kita pasti sering melihat orang tua mengoleskan kemiri di alis dan kepalanya. Dengan tujuan agar ram...

Manfaat Madu Untuk Kulit

Manfaat Madu Untuk Kulit

Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal memiliki banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamn...

Jojoba Oil sebagai Ingredients Utama di Skincare Korea

Jojoba Oil sebagai Ingredients Utama di Skincare Korea

Penggunaskin careKorea pasti sudah tidak asing lagi dengan Jojoba Oil, hampir semua jeni...