Inilah 4 Pewarna Alami yang Aman untuk Makanan
16 Sep/2019

Inilah 4 Pewarna Alami yang Aman untuk Makanan

Hampir semua orang makan kue, apalagi jika warnanya menarik dan terlihat enak dimata kita. Warna yang menarik dan rasa yang enak membuat orang akan tertarik dan membeli roti yang Anda jual. Namun apa jadinya jika pewarna yang dipakai untuk roti dan kue tidak alami dan akan membahayakan sang pemakannya? Pasti akan menjadi penyebab beberapa penyakit berbahaya mulai dari kanker hingga penyakit jantung.

Penggunaan pewarna alami pada makanan dan minuman memiliki manfaat tersendiri untuk yang mengkonsumsi. Pewarna alami bisa Anda dapatkan dengan mudah dari buah-buahan dan tanaman yang bisa dengan mudah didapatkan dan dicari di sekiranya Anda. Berikut ini adalah buah-buahan dan tanaman untuk pewarna alami yang baik dan aman dikonsumsi.

Warna kuning dari kunyit

Siapa yang tidak pernah tahu rempah-rempah tradisional Indonesia yang satu ini? Yup, kunyit seringkali dijadikan sebagai pewarna alami beberapa makanan dan minuman yang tidak membahayakan tubuh dan bahkan mampu menutrisi kulit dan otak. Untuk membuatnya sebagai pewarna Anda hanya cukup memerasnya dan mengambil sari dari kunyit, lalu membuang ampasnya.

Warna ungu dari buah naga

Buah tropis yang tumbuh subur di Indonesia ini sudah terkenal dengan rasa manisnya yang khas serta kandungan gizi dan vitamin yang banyak membuat buah yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Ambil beberapa potong buah naga, peras dan ambil sarinya. Sari buah naga pun sudah bisa digunakan sebagai pewarna alami.

Daun pandan untuk warna hijau

Daun yang menjadi salah bahan wajib pada saat membuat kue tradisional ini ternyata menjadi salah satu bahan utama pewarna hijau alami. Menggunakan bahan alami sebagai masakan dan kue ternyata memiliki banyak sekali manfaat baik untuk tubuh. Wangi yang dihasilkan daun pandan mampu membuat seseorang meningkatkan nafsu makannya. Menggunakannya sebagai pewarna bisa dengan memerasnya dan ambil sari daun pandan sebagai pewarna.

Bunga telang

memang tidak semua orang mengenal dan pernah melihat bunga unik yang satu ini. Memiliki warna biru menjadikan bunga telang ini sebagai pewarna biru alami untuk banyak minuman maupun kue manis. Bagi kebanyakan orang warna biru memang berkesan kurang pas untuk makanan tradisional, namun di zaman sekarang ini banyak minuman yang disajikan di cafe-cafe memiliki warna biru yang aman diminum diambil dari bunga telang. Untuk mendapatkan ekstrak warna biru dari bunga telang ini cukup mudah yaitu dengan menumbuknya dan memerasnya serta mencampurkannya ke dalam air matang secukupnya.

Itulah beberapa tanaman pewarna alami yang bisa Anda buat sebagai campuran makanan dan minuman untuk mempercantik tampilan makanan yang Anda buat. Sebenarnya masih banyak lagi pewarna alami yang aman dan baik dikonsumsi dari tanaman dan buah-buahan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once