Inilah Alasan Kenapa Bermain Handphone Saat Gelap Sangat Berbahaya
25 Sep/2019

Inilah Alasan Kenapa Bermain Handphone Saat Gelap Sangat Berbahaya

Di era yang super cepat, canggih dan praktis seperti sekarang ini, handphone menjadi salah satu  barang yang penting dan selalu ada dimanapun Anda berada. Bahkan ada beberapa orang yang kecanduan handphone sampai sampai handphone tersebut tidak lepas dari tangannya mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Tidak hanya di tempat terang seperti kantor atau saat siang hari, namun bahkan malam hari saat gelap pun tetapi memainkan handphone. Walaupun memiliki manfaat, disisi lain handphone juga tidak baik digunakan pada saat gelap. Berikut ini adalah alasan kenapa bermain handphone saat gelap sangat berbahaya.

Merusak retina mata

Siapa sangka efek menggunakan handphone di area yang gelap sangat tidak dianjurkan dan bahkan mampu merusak retina mata.  Layar handphone memancarkan sinar biru yang digolongkan sebagai High Energy Visible Light atau disingkat HEV yaitu sinar yang pada dasarnya memiliki panjang gelombang yang relatif pendek bisa berubah menjadi tingkat energi yang tinggi yang akan membahayakan retina manusia. Inilah kenapa tidak dianjurkan untuk menggunakan handphone pada saat gelap tanpa lampu.

Kelelahan Otak

Hal ini bisa terjadi ketika kalian bermain handphone sampai lupa waktu dan melewati jam tidur. Ketika tubuh tidak mendapat tidur yang cukup, konektivitas hormon neuron di hippocampus bagian sistem otak yang memerintah berbagai fungsi tubuh akan melemah, yang mengakibatkan menurunnya daya ingat. 

Kurang tidur 

Sinar biru yang biasa dikeluarkan layar handphone bersifat supresif terhadap produksi Melatonin atau hormon yang mengatur siklus bangun dan tidur seseorang. Pancaran sinar biru ini akan meningkatkan produksi hormon melatonin dan membuat Anda merasa suit tidur karena pada dasarnya hormon Melatonin ini menyebabkan rasa kantuk dan menurunkan suhu tubuh. Inilah kenapa pada saat mau tidur tidak dianjurkan bermain handphone terlalu lama, karena akan mengganggu jam tidur Anda.

Meningkatkan Risiko Depresi

Sebagai efek lanjutan dari kurang tidur yang disebabkan oleh paparan sinar biru, pengguna handphone dalam keadaan gelap akan memiliki resiko lebih tinggi mengidap stress dan depresi. Ini dikarenakan hormon melatonin yang terganggu akan mengacaukan jam tidur, sehingga menghambat produksi hormon kebahagiaan.

Bagaimana cukup berbahaya bukan efek samping dari penggunaan handphone yang berlebih di area yang kekurangan cahaya. Sebenarnya semua hal yang dilakukan terlalu berlebih hanya akan membahayakan diri dan tidak baik untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya.



Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once