Makan Ikan Dua Kali Bisa Mencegah Penyakit Ini
22 Aug/2019

Makan Ikan Dua Kali Bisa Mencegah Penyakit Ini

Banyak alasan mengapa Anda harus menyediakan olahan ikan atau memasak ikan dalam menu makanan Anda. Mungkin Anda pernah dengar jika ikan dapat membuat otak encer alias cerdas. Namun makan ikan juga dapat menangkal sakit jantung.

 

pixabay.com

American Heart Association (AHA) menyarankan orang dewasa harus berjuang untuk bisa makan dua porsi 3,5 ons ikan setiap minggunya. Pilihan terbaik adalah ikan berminyak dengan asam lemak omega-3 dosis besar. Pilihannya termasuk salmon, albacore tuna, mackerel, lake troutherring dan sardines

Namun jangan memasak ikan dengan cara digoreng. Alasannya karena penelitian telah menemukan bahwa pecinta ikan goreng mengalami peningkatan tingkat gagal jantung.

Kandungan dalam Ikan yang Bermanfaat untuk Jantung
Kembali pada kandungan ikan yang bermanfaat bagi jatung. Sonya Angelone ahli diet dan juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan dalam laman Webmd, ssam lemak omega-3 utama pada ikan adalah EPA dan DHA. EPA memiliki efek anti-peradangan yang mungkin membantu melawan pengerasan dan penyempitan arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung.

"Lemak omega-3 juga dapat membuat darah kurang rentan terhadap pembekuan, sementara dosis tinggi dapat membantu menurunkan trigliserida, sejenis lemak darah," kata Sonya.

Di sisi lain, Ikan berminyak bukan satu-satunya sumber omega-3. Biji chia, biji rami dan walnut adalah sumber yang baik dari asam alfa linolenat (ALA), yang merupakan prekursor EPA, yang kemudian diubah menjadi DHA. "Masalahnya adalah bahwa hanya sejumlah kecil ALA yang dikonversi. Dan varian gen seseorang membantu menentukan konversi itu," ujar Sonya lagi.

Sebaliknya, asosiasi jantung mencatat, 4 ons salmon setiap minggu akan memberikan orang dewasa dengan asupan harian omega-3 yang direkomendasikan, yaitu sekitar 250 miligram. Nasihat asosiasi jantung terbaru tidak berbeda dari rekomendasi sebelumnya, yang dikeluarkan pada tahun 2002. Tetapi sekarang ada lebih banyak bukti untuk mendukungnya.

Eric Rimm, seorang profesor di Harvard School of Public Health, penulis utama dari laporan AHA, mengatakan bahwa studi ilmiah telah lebih lanjut menetapkan efek menguntungkan dari makan makanan laut yang kaya asam lemak omega-3, terutama ketika menggantikan makanan yang kurang sehat, seperti daging yang tinggi lemak jenuh.

Sejumlah penelitian besar telah menemukan bahwa orang yang makan ikan setidaknya sekali seminggu memiliki risiko paling rendah terkena serangan jantung, stroke, gagal jantung, dan kematian mendadak akibat serangan jantung itusendiri.

Kecuali, mungkin, jika ikan itu digoreng. Dua penelitian yang melibatkan lebih dari 90.000 orang Amerika menemukan bahwa orang yang makan ikan goreng setidaknya sekali seminggu mencapai 48 persen lebih mungkin untuk mengembangkan gagal jantung daripada mereka yang jarang menggoreng makanan laut.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika juga, ikan bahkan apat bermanfaat bagi orang yang sudah menderita gangguan jantung. Sebuah penelitian terhadap korban serangan jantung menemukan bahwa mereka yang diminta makan ikan dua kali seminggu 27 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal selama dua tahun ke depan, dibandingkan mereka yang hanya diberi perawatan standar.

Jika tidak menyukai ikan, apakah suplemen minyak ikan merupakan pengganti yang baik? AHA menjawab bahwa itu tidak bisa mewakili kandungan yang ada di dalam ikan. Simplenya adalah suplemen minyak ikan tidak bisa menjadi pengganti.

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once