Pikirkan 5 Hal Ini, Saat Teman Mau Pinjam Uang!!
28 Jun/2019

Pikirkan 5 Hal Ini, Saat Teman Mau Pinjam Uang!!

Siapa pun tentu pernah menghadapi situasi saat teman Anda mengalami kesulitan keuangan dan menyatakan keinginan untuk meminjam uang. Sebagai teman baik, Anda pasti ingin membantunya.

Tapi,jika Anda bingung memutuskan untuk memberikan pinjaman atau tidak, luangkan waktu untuk mempertimbangkan lima hal berikut ini.

1. Pertimbangkan kondisi keuangan
Petanyaan ini adalah masalah besar karena intinya Anda perlu memastikan bahwa berapapun jumlah yang diberikan tidak akan mengubah konsidi finansial. Ini berarti tak hanya meninjau saldo dan anggaran, tapi juga hal lain seperti tabungan darurat dan tagihan mendatang. 

Anda juga perlu mempertimbangkan hal lain di luar pengeluaran rutin, seperti mulai dari perbaikan mobil atau motor hingga liburan. Jika Anda memutuskan untuk meminjam uang kepada teman, pastikan untuk menambahkan pinjaman ke anggaran Anda sehingga itu merupakan pengeluaran yang diperhitungkan.

2. Mengapa teman saya membutuhkan pinjaman?
Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dulu. Apakah dia hanya sekali meminjam uang atau apakah orang tersebut berpotensi akan berutang lagi? Apakah uang tunai yang Anda pinjamkan untuk situasi darurat, masalah medis atau masalah perawatan anak atau Anda membantu orang ini melunasi hutang lain yang tidak mampu dibayar? Apa pun alasannya, ini adalah kunci untuk memahami perilaku keuangan mereka sehingga Anda dapat membuat keputusan yang jelas. Intinya: Jika Anda tidak merasa nyaman dengan alasannya, jangan meminjamkan uang.

3. Apakah ini akan membuat hubungan kita canggung?
Tidak ada yang mau bicara soal uang. Tetapi karena masalah utang ini bisa menambah elemen bisnis dalam persahabatan dan Anda harus bersiap untuk segala ketegangan yang mungkin terjadi. Salah satu cara untuk mengurangi kecanggungan adalah bersikap jernih satu sama lain di pasak pinjaman. Ini berarti segalanya, dari menyiapkan rencana pembayaran  hingga membicarakan bagaimana Anda akan menangani pembayaran yang terlambat.

4. Bagaimana rencana pembayaran?
Sekarang setelah Anda serius mempertimbangkan untuk memperpanjang pinjaman, tidak masalah seberapa dekat persahabatan, Anda perlu menguraikan secara spesifik perjanjian  dan menuliskannya juga. Pikirkan: Jumlah pembayaran bulanan dan batas waktu pinjaman akan dilunasi sepenuhnya.

5. Apa skenario terburuk?
Dengan kata lain, apa yang terjadi jika teman Anda tidak dapat membayar utang? Bisakah Anda menangani keuangan Anda sendiri? Apakah itu akan menghancurkan hubungan Anda? Banyak ahli keuangan mendorong calon pemberi pinjaman untuk memikirkan pinjaman kepada teman sebagai hadiah. Jika Anda dibayar kembali, itu berita bagus; tetapi jika tidak, Anda masih merasa baik-baik saja tentang hal itu dan tidak meninggalkan dendam.

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once