Tips Mudah Atasi Kulit Berminyak.
21 Aug/2019

Tips Mudah Atasi Kulit Berminyak.

Banyak faktor penyebab kulit berminyak. Contohnya lingkungan, gaya hidup, dan keturunan.

Kulit berminyak memang sulit dihilangkan tapi dapat dikontrol dengan beberapa cara. Kulit berminyak adalah masalah umum yang terjadi ketika sebum dalam jumlah berlebih diproduksi oleh kelenjar sebakus sehingga membuat kulit terlihat berminyak dan berkilau.

Sebum terdiri dari lemak dan membantu melindungi kulit dan memberikan kelembapan. Namun, sekresi sebum yang berlebihan menyebabkan jerawat dan jika tidak dirawat dengan baik menyebabkan bintik-bintik dan jerawat. Berikut cara mengontrol kulit berminyak pada wajah menurut Boldsky.

#Membersihkan dan pengelupasan yang seimbang
Mencuci wajah secara berlebih justru akan membuat kulit berminyak semakin buruk. Cucilah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut. Penting juga untuk mengelupas kulit secara teratur karena kulit berminyak sering rentan terhadap pori-pori yang tersumbat, mengangkat sel-sel kulit mati akan membantu mencegah terjadinya komedo.

#Melembabkan kulit 
Menggunakan pelembap wajah atau minyak wajah sebenarnya akan menarik minyak dari kulit dan membantu mencegahnya datang. Minyak jojoba adalah pelembap yang baik karena mengandung sifat melawan minyak.

#Masker tanah 
Masker tanah liat adalah perawatan terbaik untuk kulit berminyak. Tanah liat bentonit adalah jenis populer yang baik untuk kulit berminyak. Tanah liat ini memiliki kualitas menyerap super yang membuatnya baik untuk kulit berminyak karena menyerap sekresi sebum berlebih. Tanah liat mengandung magnesium, zat besi, tembaga, silikat, dan kalium, yang semuanya membantu meningkatkan kesehatan kulit.

#Kurangi stres 
Stres memicu semua jenis kulit jadi bermasalah dan juga membuat kulit berminyak menjadi lebih buruk. Stres melepaskan hormon yang disebut adrenal androgen, yang akan meningkatkan produksi minyak dan karenanya menyebabkan pori-pori tersumbat. Yoga adalah pereda stres yang sangat baik, begitu juga meditasi. Fokus pada pernapasan lambat melalui hidung dan Anda akan bisa merasakan tekanan yang keluar dari tubuh.

#Konsumsi makanan sehat 
Diet yang kaya antioksidan dan asam lemak Omega 3 membantu meningkatkan penampilan dan tekstur kulit. Makanan yang kaya antioksidan adalah bluberi, kranberi, apel, bayam, biji-bijian, dan paprika. Untuk asam lemak Omega 3, konsumsilah tuna, kenari, dan biji rami.

Hindari makanan seperti nasi putih, roti putih, dan gula karena mengandung glisemik tinggi yang meningkatkan aktivitas kelenjar minyak di kulit. Makanan berlemak dan berminyak juga tidak baik untuk kulit karena memperburuk kondisi kulit berminyak. Mengonsumsi makanan sehat secara signifikan akan mengurangi sekresi sebum berlebih dan bahkan mengurangi iritasi kulit.

#Jaga tubuh tetap terhidrasi 
Minum banyak air dan menjaga agar tubuh tetap terhidrasi adalah kunci untuk menjaga kesehatan kulit. Air memiliki sifat unik yang membantu dalam memperbaiki kulit dan meminimalkan jerawat dan kondisi kulit lain. Kurang asupan air akan membuat kulit kusam dan kusut serta menyebabkan pori-pori lebih menonjol. Air lemon juga membantu menjaga kulit terhidrasi karena mengandung vitamin C yang efektif untuk menyembuhkan jerawat.

#Madu 
Madu mengandung sifat antibakteri dan antiseptik yang baik untuk merawat jerawat dan kulitberminyak. Madu membantu menjaga kulit tetap lembab tetapi tidak berminyak.

Artikel Lainnya

Variasi Masker dari Alpukat, Cukup Satu Buah Untuk Wajah Glowing

Variasi Masker dari Alpukat, Cukup Satu Buah Untuk Wajah Glowing

Alpukat adalah buah yang cukup digemari untuk di konsumsi masyarakat, selain mengandung banyak manfa...

9 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

9 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut dan Cara Penggunaannya

Kita pasti sering melihat orang tua mengoleskan kemiri di alis dan kepalanya. Dengan tujuan agar ram...

Manfaat Madu Untuk Kulit

Manfaat Madu Untuk Kulit

Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal memiliki banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamn...

Jojoba Oil sebagai Ingredients Utama di Skincare Korea

Jojoba Oil sebagai Ingredients Utama di Skincare Korea

Penggunaskin careKorea pasti sudah tidak asing lagi dengan Jojoba Oil, hampir semua jeni...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once