Yuk Kenali Kandungan dan Manfaat dari Kacang Tanah
30 Sep/2019

Yuk Kenali Kandungan dan Manfaat dari Kacang Tanah

Siapa yang tidak kenal dan tidak pernah mencicipi makanan yang satu ini? Yup, hampir semua orang pernah mencicipi dan bahkan tidak sedikit juga yang menggemari makanan yang satu ini. Walaupun memiliki bentuk yang relatif kecil, kacang ternyata menyimpan begitu banyak manfaat untuk tubuh. Serta kandungan didalamnya ternyata mampu menurunkan resiko kematian karena beberapa penyakit tertentu.

Tidak hanya kacang tanah saja yang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, tetapi hampir semua kacang juga memiliki manfaat yang sama untuk tubuh. Kacang memiliki kandungan asam lemak tak jenuh, dan berbagai nutrisi di dalamnya dapat mendukung kesehatan tubuh. Nah, berikut ini adalah kandungan dan manfaat yang ada di dalam kacang tanah yang belum diketahui banyak orang.

Tinggi serat

Tidak banyak orang yang tahu bahwa kacang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Makanan yang mengandung serat yang tinggi mampu menurunkan berat badan serta melancarkan pencernaan. Namun beberapa orang yang sedang menjalankan diet tidak mengkonsumsi kacang karena dikira mampu mengganggu program dietnya, namun nyatanya sebaliknya. 

Kandungan asam lemak dan omega-3

Siapa yang menyangka ternyata kacang tanah memiliki kandungan asam lemak dan omega-3 yang biasa ada dalam kandungan daging ikan. Inilah zat yang dapat membantu menyehatkan jantung. Asam lemak sendiri mampu mencegah seseorang terkena serangan jantung.

Vitamin E

Selain mengandung asam lemak omega-3, kacang juga mengandung vitamin E. Penyempitan pembuluh darah akibat plak mampu meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung. Vitamin E pada kacang-kacangan dapat menurunkan risiko tersebut.

Kandungan sterol

Senyawa sterol yang ada dalam kacang-kacangan bisa membantu mengurangu kadar kolesterol dalam tubuh. Konsumsi secara rutin namun tidak terlalu berlebihan untuk mendapatkan manfaat ini dari kacang.

Arginin

Senyawa lain yang ada dalam kacang adalah Arginin yakni asam amino yang dibutuhkan untuk memproduksi oksida nitrat. Yang dimana oksida nitrat sendiri bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah. Dengan kata lain bahwa arginin dapat membantu dinding arteri lebih elastis dan mengurangi risiko terbentuknya sumbatan pada pembuluh darah.

Itulah beberapa manfaat dan kandungan yang ada di dalam kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, dan kacang-kacangan lainnya. Konsumsi kacang secara tidak berlebih karena akan menimbulkan beberapa masalah yang tidak baik untuk tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once