5 Pilihan Ide Bisnis Online Masa Kini
30 Sep/2019

5 Pilihan Ide Bisnis Online Masa Kini

Berkembangnya Teknologi saat ini membuat semua terasa lebih mudah. Hal ini juga dirasaakan para pebisnis online. Ada beberapa alasan yang kuat untuk bisnis online. Bisnis ini menjadi pilihan banyak masyarakat, kebanyakan bisnis ini dijalankan oleh ibu rumah tangga karena tidak repot untuk menjalankannya. Bisnis online tidak memiliki toko wujud seperti toko pada umumnya. Hanya bermodalkan paket internet atau wifi tetangga, Anda bisa menjalankan bisnis online ini.

Namun ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pebisnis online pemula agar bisnisnya bisa berjalan secara lancar, antara lain: 
1.) Cari ide yang kreatif agar bisa mendapat pelanggan yang banyak dan tetap.
2.) Ketahui target konsumen supaya barang yang Anda jual bisa laku.
3.) Pilihlah platform dan media sosial sebagai media penjualan Anda.
4.) Jalin komunikasi yang baik kepada semua konsumen agar mereka nyaman membeli barang yang Anda jual secara online.

Kali ini kami akan membahas pilihan bisnis online, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

#1 Reseller atau Dropshipper

Seseorang yang hobi atau suka belanja online, tentunya tidak asing lagi dengan kata reseller atau dropshiper. Bisnis online tanpa modal yang satu ini bisa dijadikan pilihan yang terbilang sangat mudah, Anda tidak harus memikirkan konsep bisnis dan membuat sebuah produk. 

Anda hanya perlu melakukan :
1.) Menentukan produk apa yang Anda jual.
2.) Mencari produk yang akan Anda jual.
3.) Membuat akun pada situs jual beli atau menjualnya melalui media sosial.

Menjadi reseller dan dropshipper bisa mendapat penghasilan tanpa takut mengalami kerugian. Dengan hanya memasarkan produk tanpa mengeluarkan modal, sebab Anda hanya melakukan kegiatan promosi dan mengambil foto yang sudah dikirim dari supplier.

Meskipun terlihat mudah, namun Anda harus memastikan bahwa kualitas produk yang diperjual sudah baik. Jangan lupa membuat banyak akun di berbagai e-commerce agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan Anda.

#2 Penulis Freelancer

Sekarang ini banyak situs yang menyediakan pekerjaan lepas atau bisa dibilang freelancer. Biasanya para klien mencari penulis yang mau menuliskan artikel tentang produk atau perusahaannya. Pekerjaan ini tidak terkait dengan perusahaan (kontrak kerja), penghasilan yang di dapatkan juga sesuai kinerja atau jam terbang menulis. Jika masih penulis pemula biasanya hanya mendapatkan gaji yang rendah, sedangkan ketika sudah menjadi penulis yang profesional akan mendapat bayaran yang besar.

Tidak perlu merasa malu dan ragu jika ada kesempatan untuk mengambil beberapa proyek besar,. Anda juga harus mempunyai keinginan dan tekat yang besar untuk terus belajar dan berusaha agar dapat memiliki kualitas tulisan yang tinggi. Semakin banyak Anda mengambil proyek besar atau kecil, maka akan semakin banyak kritik yang akan Anda terima mengenai tulisan Anda. Dari kritik tersebut, gunakanlah untuk memperkuat tekat Anda untuk menjadikan hasil tulisan yang lebih sempurna lagi.

Jika hasil tulisan yang Anda buat sudah semakin baik, jangan ragu untuk mengambil proyek besar. Ketika proyek tersebut berhasil, maka bisa dipastikan aakan banyak orang yang ingin membutuhkan jasa Anda.

#3 Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki bakaat untuk menggambar dengan media aplikasi seperti Photoshop atau Corel Draw, pilihan ini sangat cocok untuk Anda. Saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa desain grafis untuk perusahaan mereka. Biasanya banyak yang membutuhkan jasa ini untuk membuat suatu poster, logo, banner dan masih banyak lagi.

Bisnis ini sangat menguntungkan jika Anda sudah mahir dan kreatif dalam menggambar. Jika Anda masih dasar atau pemula dalam bidang ini, teruslah berlatih dan mencoba menawarkan hasil karya Anda pada satu perusahaan terlebih dahulu, jika tertarik maka Anda harus melakukan lebih banyak penawaran dan conto desain di peruhaan lainnya.

#4 Admin Media Sosial

Saat ini media sosial sudah dijadikan ladang untuk berbisnis online. Banyak orang yang menggunakan media sosial untuk menjual produk-produk mereka, bahkan setiap pebisnis memiliki lebih dari satu akun media sosial. Selain untuk pribadi, biasanya dijadikan untuk penjualan online. Para pebisnis online ini biasanya merekrut orang lain untuk dijadikan admin di media sosialnya, bertujuan untuk memaksimalkan kinerja dan fungsi semua sosial media mereka. Upah yang di berikan juga sangat menggiurkan dengan pekerjaan sebagai berikut :

1.) Membuat dan mengisi phostingan atau konten yang menarik
2.) Membantu mencari dan menjadikan followers semakin banyak
3.) Berkomunikasi dengan followers pada saat folowers bertanya tentang produk yang dijual
4.) Meningkatkan brand awareness agar konsumen yang pernah membeli bisa dengan mudah mengingat brand yang sudah pernah mereka datangi
5.) Meningkatkan traffic website melalui media sosial agar website bisa dengan mudah dilketahui oleh banyak orang

#5 Vlogger Profesional

Saat ini banyak vloger bermunculan, dengan tema seperti vlog keseharian, kuliner, kecantikan, perawatan dan masih banyak lagi. Tentunya ini bisa dijadikan pilihan bisnis online jika kalian memang berbakat dalam membuat vlog dan percaya diri untuk berbicara di depan kamera.

Jika kalian berminat menjalankan bisnis ini, maka anda juga perlu mempersiapkan tema yang akan anda buat. Jika anda memilih tema kecantikan, Anda juga harus memiliki kemampuan menghias wajah agar penonton juga yakin dengan Vlog Anda. Jika Anda memilih tema kuliner, maka Anda harus memiliki kemampuan untuk membedakan mana masakan yang enak dan tempat-tempat kuliner yang menarik. 

Jika penonton mulai berinteraksi seperti memberi komentar di video Anda, maka tandanya Anda harus membuat video yang lebih banyak dan lebih bagus lagi tentunya. Penonton semakin banyak maka peluang mendapat uang banyak juka akan Anda dapatkan.

Itulah pilihan bisnis online yang sangat mudah. Walaupun terlihat mudah untuk dilakukan, pada dasarnya semua usaha juga akan ada kegagalan di awalnya. Maka dari itu tetaplah semangat untuk berusaha, dan jadikan kegagalan sebagai guru dalam hidup Anda. Usaha yang besar dan tekad yang kuat akan menjadikan Anda manusia yang berhasil pada kemudian hari. 

Artikel Lainnya

Trend Bisnis 2020-an, New Normal Kit Sebagai Hampers Tahun Baru

Trend Bisnis 2020-an, New Normal Kit Sebagai Hampers Tahun Baru

Pandemi Covid-19 di Indonesia telah memasuki babak baru, yaitu era New Normal. Perlengkapan untuk me...

5 Ide Bisnis yang Bisa Anda Lakukan Pada Saat Musim Hujan

5 Ide Bisnis yang Bisa Anda Lakukan Pada Saat Musim Hujan

Pada awal datangnya tahun seperti bulan Januari, merupakan awal datangnya musim penghujan di Indones...

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjadi Importir

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjadi Importir

Menjadi importir merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Bisnis import sudah sangat digemari oleh ...

Limpahan Apel Sebagai Ladang Bisnis Yang Menjanjikan!

Limpahan Apel Sebagai Ladang Bisnis Yang Menjanjikan!

Ketika Anda berkunjung atau ingat dengan kota Malang, tentunya selain tempatnya yang sejuk, wisata a...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once