Anda Jarang Sikat Gigi? Bahaya Terjangkit Impoten
22 Aug/2019

Anda Jarang Sikat Gigi? Bahaya Terjangkit Impoten

Impotensi menjadi salah satu masalah terberat bagi pria dewasa. Masalah tidak bisanya ereksi kejantanan pria ini biasanya terjadi karaena fisik dan psikis. Namun, menurut penelitian masih ada penyebab lain yang membuat aktivitas seksual pria terhambat, yakni jarang melakukan sikat gigi. Kok bisa?

 

pexels.com

Mungkin secara umum penyebab impotensi dari sikat gigi ini jarang terdengar. Namun penelitian asal Turki telah membuktikan hal ini. Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa jarang sikat gigi dapat menyebabkan pria tiga kali lebih mungkin mengalami masalah impotensi. 

Alasan dari penelitian tersebut, malasnya orang melakukan sikat gigi, tidak hanya membuat mulut beraroma tidak sedap. Selain itu, jarangnya sikat gigi juga dapat menimbulkan peradangan pada gusi. Peradangan ini disebabkan oleh bakteri yang berasal dari sisa-sisa makanan di sela-sela gigi yang tidak dibersihkan secara teratur.

Maka dari itu, pria yang mengalami peradangan gusi akan lebih sulit menerima rangsangan seksua. Karena peradangan yang terjadi ini mengganggu kinerja sistem syaraf yang seharusnya mengolah stimulasi seksual yang ada yang kemudian diteruskan ke Mr P hingga dapat melakukan ereksi.

Ketika seoran pria lebih malas lagi menyikat giginya dan terus dibiarkan sejak dini, bisa menyebabkan impotensi yang lebih serius. Sehingga, hal tersebutlah para ahli menyebutkan kebiasaan tidak menyikat gigi adalah penyebab impotensi.

Penelitian yang dilakukan kepada 160 orang oleh para peneliti dari Universitas Inonu Turki ini diketahu, setengah dari pria yang berusia 30 dan 40 mengalami disfungsi ereksi. Setengah lagi yang tidak mengalami impotensi diketahui memiliki aktivitas sikat gigi yang baik. 

"Ya, 53 persen pria dengan disfungsi ereksi mengalami masalah peradangan gusi. Dan hanya ada 23 persen pria yang mengalami masalah gusi namun tidak mengeluh adanya gangguan ereksi," tutur Fatih Oguz, salah satu dari peneliti itu.

Kemudian, Fatih juga melanjutkan bahwa, apabila hasil penelitian ini dikonjungsikan dengan faktor lain seperti berat badan, usia, kesehatan tubuh, penghasilan, dan pendidikan terakhir, diketahyi bahwa pria dengan masalah kesehatan gigi yang parah bisa menjadi penyebab impotensi 3, 3 kali lipat lebih mungkin.

Fatin juga menyebutkan, bahwa masalah gigi yang berbahaya dan bisa menyebabkan impotensi adalah periondontitis. Bahkan, penelitian terdahulu mengenai periondontitis ini dapat menyebabkan penyakit pembuluh darah seperti penyakit jantung kronis, yang memang dapat menyerah lebih banyak terhadap seorang pria.

Meski keterkaitan antara periondontitis dan impotensi masih harus dilakukan penelitian, Profesor Leonard Gomella, ketua Departemen Urologi di Universitas Thomas Jefferson mengatakan, karena penyakit periondontal dianggap sebagai gangguan inflamasi, maka mungkin penyakit ini juga memainkan peran dalam timbulnya impotensi.

Peneliti lain dari China Luzhou Medical College mengatakan, mereka yang mengidap periondontitis akan menghambat kemampuan tubuh untuk membentuk enzim eNOS yang merupakan enzim yang terlibat langsung dalam proses ereksi kejantanan pria. Tidak ada enzim, kata Luzhou, berarti tidak ada ereksi.

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once