Apa itu TBC? - Gejala, Penyebab, Cara Menanganinya
13 Dec/2019

Apa itu TBC? - Gejala, Penyebab, Cara Menanganinya

Penyakit TBC merupakan penyakit yang umumnya menyerang paru-paru. Saat ini, Indonesia merupakan negara no 2 terbesar yang kebanyakan masyarakatnya terkena penyakit TBC setelah India. TBC di Indonesia merupakan penyakit yang membunuh No.1 di Indonesia. Sayangnya masihh banyak masyarakat yang kurang tau tentang peenyakit ini dan kurang memahami gejala awal yang di timbulkan. Berikut ini penjelasan mengenai apa itu TBC, gejala, penyebab, dan cara menanganinya.

TBC diakibatkan oleh virus Mycobacterium tuberculosis. Penyebarannya melalui udara yang dihirup dan ditularkan dari satu orang ke orang lain. Kebanyakan virus tersebut ad pada orang yang mengidap penyakit HIV. Virus tersebut akan melemahkan kekebalan tubuh sehingga tubuh akan mudah terserang penyakit lain seperti meningitis. Jika Anda batuk namun tak kunjung sembuh dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa jadi Anda terserang penyakit TBC yang gejala awalnya memang berupa batuk yang memiliki jangka waktu lama.

Gejala penyakit TBC

TBC memang memiliki gejala awal seperti batuk yang tak kunjung sembuh, namun masih ada gejala lain yang akan dialami oleh penderita penyakit TBC diantaranya :


- Demam
- Lemas
- Berat badan turun
- Nafsu makan menurun
- Nyeri pada bagian dada
- Berkeringat saat malam hari

Jika batuk Anda yang tak kunjung sembuh serta gejala lain timbul, maka Anda harus waspada karena bisa jadi itu pertanda Anda terkena penyakit TBC. Segeralah periksa ke dokter agar Anda bisa cepat mendapatkan penanganan.

Pengobatan penyakit TBC

Dalam dunia medis, TBC bisa dideteksi dengan meenggunakan dahak. Selain itu, untuk mengetahui seseorang terkena penyakit TBC juga bisa dicek melaalui foto rongent dada, tes darah, atau tes kulit.

Jika Anda sudahh terbukti terserang penyakit TBC, Anda harus mau mengikuti anjuran dokter agar penyakit TBC yang Anda derita bisa cepat sembuh. Anda harus mau mengkonsumsi obbat yang dianjurkan dokter. Penggunaan atau mengkonsumsi obat memang memerlukan waktu yang cukup lama, biasanya memerlukan waktu sekitar 6 bulan untuk menyembuhkannya dan Anda harus rutin mengkonsumsi obat tersebut. Obat yang dianjurkan dokter antara lain 


- Isoniazid
- Rifampicin
- Pyrazinamide
- Ethambutol

Pencegahan penyakit TBC 

Pencegahan penyakit TBC bisa dilakukan dengan cara pemberian vaksin yang dilakukan pada saat masih bayi. Jika Anda sudah terserang penyakit TBC, Anda harus menggunakan masker ketika berada di keramaian. Tutupi mulut Anda ketika batuk dan bersin, jangan membuang dahak sembarangan.

Itulah penyakit TBC, gejala, dan cara menanganinya. Jangan sampai Anda terserang penyakit TBC agar kehidupan Anda bisa senang dan nyaman. Lakukan vaksin pada usia dini agar tubuh bisa kebal terhadap virus pembawa penyakit TBC di masa mendatang. 

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once