Bisnis Rumah Dari Kerajinan Flanel
12 Jun/2019

Bisnis Rumah Dari Kerajinan Flanel

Bila Anda sedang ingin mencoba bisnis rumahan yang bisa dikerjakan tanpa harus keluar rumah atau memiliki tempat usaha sendiri, Anda bisa mencoba bisnis membuat aneka kerajinan dari kain flanel. Flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya).

Kain jenis ini cukup mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Berbagai kerajinan bisa dibuat dengan kain flanel ini seperti boneka, tas, tempat tisu, cover buku, tempat hp, hingga sandal. Cara membuatnya tidak terlalu sulit, saat ini sudah banyak tutorial di internet yang bisa mengajarkannya kepada Anda. 

Kain flanel sendiri memiliki beberapa jenis yang masing-masing punya karakteristik berbeda. Jenis kain flanel yang ada seperti kain flanel bambu, blend, kain flanel wool, flanel aklirik, dan kain flanel polyester. Adapun perlatan dan bahan lain yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan ini adalah benang, dakron, gunting, glue gun, dan jarum jahit. 

Berikut merupakan contoh-contoh kerajinan yang bisa Anda buat dengan kain flanel. Masih banyak lagi kerajinan yang bisa dibuat menggunakan kain flanel, semuanya tergantung pada keterampilan dan kreativitas Anda dalam membuatnya.

(Boneka flanel)

Sumber gambar: https://bit.ly/2McWT8U

Boneka menjadi kerajinan yang banyak dibuat dengan kain flanel. Tekstur flanel yang halus dan nyaman untuk dipegang serta mudah untuk dibentuk menjadikan boneka menjadi salah satu kerajinan flanel yang banyak dibuat. Aneka boneka dapat dibuat dengan kain ini salah satunya adalah boneka wisuda. 

Dari sisi bisnis, boneka wisuda ini terbilang cukup menjanjikan karena pangsa pasarnya yang terus ada. Setiap tahun, ada ribuan kampus yang meluluskan mahasiswanya dan menggelar acara wisuda. Boneka flanel ini bisa menjadi hadiah kepada wisudawan. Keuntungannya, boneka dari flanel ini bisa dibentuk agar sedikit mirip dengan pemesannya. Jadi, terkesan eksklusif. 

(Tempat tisu)

Sumber gambar: https://bit.ly/1d5oNgn

Tempat tisu juga salah satu kerajinan flanel yang banyak ditemui. Tempat tisu yang terbuat dari kain flanel ini akan tampil cantik dan unik di meja tamu rumah Anda. Tempat tisu dari kain flanel ini juga potensial dari segi bisnis, karena memiliki tempat tisu sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. 

Pada sisi atau atas tempat tisu juga bisa diberikan nama si pemesan sehingga ada kesan ekslusifnya. Namun, tempat tisu ini tentu harus sering dibersihkan karena bila tidak banyak debu yang menempel di tempat tisu flanel tersebut. 

(Tas flane)

Sumber gambar: https://bit.ly/2MaX4BE

Kain flanel juga dapat dibentuk sebagai tas yang cocok untuk kaum hawa. Dengan keterampilan dalam membaca tren yang sedang berkembang saat ini, Anda bisa membuat berbagai tas dari kain flanel ini. Tetapi, proses pembuatannya tentu saja tidak semudah kerajinan-kerajinan lainnya. Dibutuhkan keterampilan menjahit dengan ukuran-ukuran yang pas untuk bisa membuatnya. Tas dari kain flanel ini bisa juga dilengkapi dengan aksesori yang ditempelkan pada sisi-sisinya. 

(Amplop flanel)

Sumber gambar: https://bit.ly/2OuPwX2

Bosan dengan amplop yang begitu-begitu saja? Anda bisa membuatnya sendiri dari kain flanel ini. Amplop kreasi dari flanel bisa diberikan untuk sahabat, pacar atau orang tua. Dengan warna-warna yang lucu dan aksesori yang bisa ditempelkannya membuat amplop dari kain flanel ini cocok dijadikan pelengkap untuk hadiah. Proses pembuatannya pun tidak terlalu mudah. Jika Anda berniat untuk membuka usaha kerajinan kain flanel, amplop bisa Anda jadikan item yang bisa Anda tawarkan kepada konsumen.

(Aneka gantungan)

Sumber gambar: https://bit.ly/2Ot6B3J

Gantungan yang terbuat dari kain flanel ini merupakan salah satu favorit para pelanggan. Gantungan bisa dibuat dengan berbagai bentuk dan ukuran. Untuk membuatnya diperlukan ketelitian karena ukurannya yang kecil-kecil. 

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once