Bugarkan Tubuh Anda Dengan Metode Akupresur
23 Aug/2019

Bugarkan Tubuh Anda Dengan Metode Akupresur

Sakit, sehat, nyaman atau tidak nyaman tubuh Anda, yang pertamakali tahu adalah diri sendiri. Tentu akan lebih bijak kalau Anda sendiri yang segera merespon. Secara mandiri, diri Anda mampu memberikan tindakan senderhana terhadap keluhan yang Anda rasakan, caranya dengan metode akupresur.



Image by Ryan Hoyme from Pixabay

Akupresur merupakan teknik pengobatan tradisional dari Tiongkok. Teknik ini mirip dengan akupunktur, namun tidak menggunakan jarum. Akupresur telah digunakan sejak ribuan tahun lalu di Tiongkok. Akupresur dilakukan dengan cara memberikan tekanan di bagian tubuh tertentu. Tekanan ini bisa diberikan melalui siku, tangan, atau alat bantu khusus (bukan jarum).

Dari rilis yang diterima dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Direktorat Kesehatan Tradisional, dr Ina Rosalina mengatakan, manfaat dari akupresur, dapat meningkatkan kebugaran, melancarkan peredaran darah, mengurangi rasa nyeri, dan mengurangi stres atau menenangkan pikiran. 

Dalam praktiknya, sebelum akupresur, dianjurkan melakukan pelemasan otot pada tengkuk, bahu, lengan, tangan, pinggang, dan paha kaki. Hal itu dilakukan dengan menekan dan meremas sebanyak lima kali.

Misalnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dapat menekan titik pada empat jari di bawah tempurung lutut sebanyak 30 kali. Kemudian punggung tangan antara telunjuk dan ibu jari.  Selain itu, untuk meningkatkan vitalitas dapat menekan titik pada atas mata kaki bagian dalam. Letak titiknya di empat jari bagian atas mata kaki.

Selanjutnya untuk mengurangi keinginan merokok, ada empat titik. Pertama, ada di punggung tangan antara telunjuk dan ibu jari. Kedua, lokasi yang letaknya dua jari di atas pergelangan tangan segaris dengan ibu jari. Ketiga, lokasi yang terletak di telinga dan keempat atau terakhir letaknya di atas punggung kaki.

Bahkan, melalui metode ini dapet memperbaiki kualitas tidur. Hal ini diduga terkait efek endorfin yang dilepaskan tubuh ketika menjalani terapi akupresur. Selain beberapa manfaat di atas, akupresur juga diduga baik untuk membantu mengurangi nyeri otot dan sendi, seperti pada penyakit arthritis.

Meskipun umumnya cukup aman, terapi alternatif ini dapat menimbulkan nyeri dan memar di titik yang ditekan. Saat hendak mencoba terapi akupresur, pastikan Anda memilih terapis yang telah berpengalaman dan memiliki kompetensi di bidang ini. Jika Anda ragu, konsultasikan dahulu kepada dokter sebelum mencoba terapi akupresur

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once