Cara Mencegah Salad Buah Berubah Warna jadi Kecokelatan
26 Sep/2019

Cara Mencegah Salad Buah Berubah Warna jadi Kecokelatan

Buah-buahan menjadi pilihan makanan yang sehat untuk siapa pun, baik anak maupun orang dewasa. Beberapa dari Anda mungkin memotong buah-buahan dari malam sebelumnya agar Anda tinggal memakannya di pagi hari. Sayangnya, salad buah bisa berubah warna karena kontak dengan udara. 

Salad buah yang berubah warna memang tidak kehilangan nutrisi atau rasa khasnya, tetapi menjadi kurang menarik atau menggugah selera. Jadi, Anda harus bisa mengakalinya agar buah-buahan yang telah dikupas di malam hari tidak berubah warna ketika akan Anda makan keesokan pagi.  

Berikut adalah beberapa cara mencegah salad buah berubah warna, seperti dilansir dari Times of India. Anda bisa mencobanya malam ini.

1. Perasan Lemon

Salah satu solusi yang paling efektif untuk mencegah buah berubah menjadi cokelat adalah menggunakan air perasaanlemon. Caranya, campurkan perasan lemon dengan air sesuai dengan banyaknya buah, sampai bisa terendam seluruhnya. Rendam buah yang telah dikupas atau diiris selama lima menit. Setelah itu, Angkat dan pindahkan buah dalam mangkuk lain. Kesegaran potongan buah akan bertahan berjam-jam.

2. Air soda

Gunakan air soda untuk merendam buah selama lima menit. Cara ini akan membuat kesegaran buah bertahan sampai keesokan harinya. Hanya saja, mungkin buah akan mengalami perubahan pada nutrisinya. 

3. Madu

Utuk menjaga kesegaran potang buah, Anda juga dapat mencampurkan madu dengan air hangat. Pastikan takaran madu tetap proporsional, dan tidak berlebihan dengan buah yang digunakan. Celupkan buah-buahan dalam larutan madu selama sekitar 30 detik. Kemudian angkat dan tiriskan. Cara ini akan membuat potongan buah tetap segar hingga delapan jam kedepan.

4. Air garam

Cara ini merupaka cara yang paling banyak digunakan. Jika nda tidak punya lemon atau madu di dapur, Anda dapat menggunakan garam sebagai alternatif. Campurkan garam dengan air dengan jumlah yang cukup, lalu rendam potongan buah yang akan digunakan sebagai salad selama lima menit. Setelah itu tiriskan hingga airnya benar-benar hilang. Untuk hasil terbaik disarankan menggunakan garam laut daripada garam meja biasa.

Tentu saja, kondisi tebaik untuk mengkonsumsi buah-buahan adalah setelah mengupas atau membersihkannya. Nutrisi dalam buah segar sangat bermanfaat bagi tubuh kita, dan buah segar lebih kaya nutrisi dibandingkan buah yang telah diawetkan. 

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once