Gak Perlu Gonta-Ganti HP, Ikuti Tips Ini Biar HP-mu Awet Technology photo created by rawpixel.com
01 Mar/2021

Gak Perlu Gonta-Ganti HP, Ikuti Tips Ini Biar HP-mu Awet

Setiap tahun rasanya pasti ada saja produk terbaru dari bermacam-macam merek ponsel. Designnya yang semakin unik ditambah lagi dengan kecanggihan teknologi yang menyaingi ponsel-ponsel yang baru 1 tahun keluar di pasaran. Tentunya dengan begitu orang-orang merasa lebih membutuhkan ponsel keluaran yang baru dengan berbagai alasan dan pertimbangan.

Tidak ada masalah sama sekali jika kita ingin membeli ponsel baru dengan alasan ataupun metode apapun, tetapi ada fakta unik tentang limbah gadget atau limbah elektronik dalam catatan The Global E-Waste Statistic Partnership, total sampah elektronik dunia saat ini mencapai 53,6 juta ton.

Di era manusia konsumtif ini, rasanya kita perlu membawa perubahan dimulai dari diri kita sendiri. Alasan yang paling dapat diterima jika kita perlu mengganti handphone kita adalah saat sudah rusak (tidak berfungsi lagi), tidak dapat update ke software terbaru, atau hilang. Hal itu menjadi hal-hal penting, kritis dan logis saat kita mau mengganti handphone.

Selagi kamu masih memiliki handphone yang bagus, berfungsi dengan baik dan dapat mengikuti perkembangan software, kamu hanya perlu ikuti tips ini untuk tetap menjaga handphone-mu awet seperti baru

1. Selalu Gunakan Charger Original

Ini penting untuk menjaga kestabilan baterai ponsel anda. Jika menggunakan charger original dari pertama kali beli, ponsel anda lebih terjaga dari baterai yang menggembung atau baterai bocor yang kerap dialami oleh pengguna ponsel yang sering menggunakan charger yang tidak original.

2. Rajin Membersihkan Ponsel

Dari pagi hari saat bangun tidur sampai ke malam hari mau tidur lagi, kita pasti hanya beberapa jam saja tidak memegang ponsel. Baik sering dipegang maupun tidak, tetap saja ponsel kita menyimpan debu bahkan bakteri di sekitar ponsel. Rajinlah untuk membersihkan ponsel kita agar terhindar dari debu dan bakteri. Bersihkanlah menggunakan alkohol pembersih dan lap microfiber, bukan tisu. Karena tisu bisa memberikan gesekan atau meninggalkan partikel kecil di ponsel kita.

3. Gunakan Casing HP yang Sesuai

Produksi casing-casing hp yang lucu dan menggemaskan banyak juga yang dijual diluaran, tetapi untuk menjaga ponsel kita tetap awet gunakanlah casing ponsel yang dapat melepaskan panas, seperti bahan-bahan silicon. Jika dirasa casing ponsel kamu tidak dapat melepaskan panas, cobalah untuk membuka casing hp saat sedang meng-charge.

4. Hindari Penggunaan Smartphone di Tempat Panas

Penggunaan smartphone yang baik adalah di suhu 16-30 derajat celcius. Ini akan lebih menjaga kondisi ponsel agar lebih awet. Jangan terlalu sering meletakkan ponsel kita di ruangan terbuka dengan suhu diatas 30 derajat celcius.

5. Isi Daya Seperlunya ; Gunakan Daya Seperlunya

Setiap ponsel memiliki kapasitas daya yang disesuaikan untuk menjalankan performa gadget. Kapasitas tertentu dari sebuah gadget juga hanya memerlukan waktu tertentu untuk mengisi daya sampai penuh. Sesuaikanlah waktu pengisian daya dengan kapasitas daya yang diperlukan, jangan diamkan ponsel dalam keadaan ter-charge semalaman, hal itu malah membuat ponsel akan lebih cepat mengalami kebocoran baterai.

Dan juga, dalam penggunaan ponsel kita juga perlu memperhatikannya, radiasi ponsel yang kuat akan mengganggu kesehatan kita jika digunakan secara berlebihan. Untuk menjaga keawetan ponsel kita juga jangan pernah memainkan ponsel kita saat sedang mengisi daya, tentu saja hal ini akan membuat ponsel kita cepat rusak, baterai akan menggembung karena terlalu sering berupaya ekstra, disatu sisi harus mengisi daya sampai penuh dan disaat yang bersamaan pula harus mengeluarkan daya untuk menjalankan performa ponsel saat kita mainkan. Baterai akan cepat haus dan rusak jika digunakan seperti itu terus.

6. Hapus Aplikasi Yang Tidak Perlu atau Jarang Digunakan

Bayangkan jika ponsel kita adalah manusia yang hanya kuat menanggung beban 40kg, tetapi kita memaksa untuk menaruhkan beban 50kg. Dalam ponsel kita, mungkin kapasitas aplikasi tidak memakan banyak kapasitas ponsel kita, tetapi performa yang dihasilkan membutuhkan tenaga ekstra untuk dapat menjalankan aplikasi dengan maksimal. Kita bisa memilih aplikasi apa yang tidak terlalu berat baik secara kapasitasnya dan performanya, agar ponsel kita tidak cepat jenuh dan lemot dalam memberikan performanya.

7. Gunakan Screen Protector

Seperti yang telah dijelaskan diatas tadi, pasti banyak partikel debu yang dapat menempel di ponsel kita, oleh karena itu gunakanlah screen protector untuk menghalau lebih banyak debu yang menempel, dengan adanya screen protector juga kita lebih mudah membersihkan ponsel kita.

Yak, tips diatas tentunya mudah bukan untuk diikuti, jadi sekarang tidak perlu banyak alasan untuk mencari ponsel baru jika ponsel yang lama masih bisa bekerja secara optimal!

Artikel Lainnya

Kreasi Mural di Dinding Kamar, Simple dan Minimalis

Kreasi Mural di Dinding Kamar, Simple dan Minimalis

Kesenian adalah suatu hal yang paling banyak diminati banyak orang, hampir semua orang selalu suka j...

7 Film Komedi Indonesia Yang Ternyata Punya Makna Mendalam

7 Film Komedi Indonesia Yang Ternyata Punya Makna Mendalam

Hiburan yang paling mudah untuk kita nikmati selama di rumah aja adalah menonton film. Memang, selai...

Begini Cara untuk Mendeteksi Akan Terjadinya Gempa

Begini Cara untuk Mendeteksi Akan Terjadinya Gempa

Indonesia merupakan negara dimana kepulauannya dilalui oleh garis khatulistiwa yang membuat negara t...

Daftar 10 Maskapai Terbaik di Dunia

Daftar 10 Maskapai Terbaik di Dunia

Deretan maskapai terbaik di dunia merupakan maskapai yang memang sudah diakui dunia dengan sebagai p...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once