Inilah 5 Makanan untuk Mengatasi Sembelit
09 Jul/2019

Inilah 5 Makanan untuk Mengatasi Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar adalah salah satu masalah pencernaan yang sering kali terjadi pada banyak orang. Setidak semua orang di dunia ini pernah merasakannya sekali atau bahkan beberapa kali.

Banyak peneliti menyatakan bahwa sembelit ini bisa disebabkan oleh kondisi medis seperti hipotiroidisme, penyakit radang usus, dan faktor lainnya yang diluar kendali Anda. Namun pada kebanyakan orang sembelit diakibatkan oleh makanan yang Anda makan

Agar tubuh kembali fit dan tidak sembelit lagi, Anda diharuskan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung serat tinggi. Serat yang tinggi bisa Anda dapatkan di dalam buah-buahan- sayuran hijau, gandum dan kacang-kacangan. Masih banyak lagi makanan yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan, berikut adalah makanannya.
 

Berry

 

Siapa yang menyangka ternyata beri juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain memiliki rasa yang manis, berry seperti raspberry, blackberry, maupun strawberry sangat disenangi dan memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Para peneliti mengatakan ketiganya merupakan buah yang memiliki jumlah serat yang baik. Berry juga rendah kalori, jadi Anda bisa makan banyak berry rendah lemak dengan krim sebagai makanan penutup atau dijadikan sarapan.

Kacang-kacangan

Makanan yang satu ini memang terkenal tinggi kandungan nutrisi dan serat yang baik untuk penderita sembelit. Setiap mangkuk kacang-kacangan bisa menyediakan serat dua kali lebih banyak dibandingkan kebanyakan sayuran lainnya. Kacang kacangan adalah salah satu makanan yang sangat mudah diolah dan bisa dicampurkan di berbagai makanan jenis salad, pasta hingga sup.

Sereal berserat tinggi

Anda bisa dengan mudah mendapatkan sereal berserat tinggi di pasaran. Anda bisa memilih sereal yang setiap sajinya menyediakan setidaknya 5 gram serat. Jika dirasa serat yang Anda konsumsi kurang, maka Anda bisa menambahkannya dengan buah-buahan seperti apel dan pisang.

Gandum

Gandum memiliki tinggi serat dan juga rendah lemak, inilah yang membuat roti-roti dan biskuit biasa menggunakan komposisi gandum. Gandum memiliki karbohidrat kompleks yang bisa membuat orang yang mengkonsumsinya merasa kenyang lebih lama, ini akan cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.

Brokoli

Siapa yang tidak mengenal sayuran yang satu ini. Walaupun kebanyakan orang tidak menyukainya, namun brokoli memiliki kandungan gizi, nutrisi dan juga tinggi serat. Brokoli rendah kalori dan merupakan sumber nutrisi yang luar biasa. Brokoli terbaik adalah brokoli mentah, karena seratnya lebih banyak daripada brokoli yang dimasak, yang bisa menyebabkan serat dan nutrisi berkurang. Jika Anda ingin mengkonsumsinya, bisa dengan mengukusnya dan menambahkan minyak zaitun dan garam.

Nah, itulah 5 makanan sehat yang baik untuk menutrisi sistem pencernaan dan mengatasi sembelit. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya, selamat mencoba.

 

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once