Jenis-jenis Deposito Dan Fungsi Kegunaannya
28 Nov/2019

Jenis-jenis Deposito Dan Fungsi Kegunaannya

Deposito merupakan alterntif tabungan yang dinilai ideal oleh banyak kalangan, terutama ibu rumah tangga. Deposito memiliki jangka waktu yang artinya hanya pada waktu yang sudah di tentukanlah orang tersebut bisa mengambil uangnya. Tabungan deposito biasa digunakan untuk tabungan jangka panjang karena semakin lama Anda menabung maka semakin banyak pula bunga yang akan di dapat.

Pada sisi lain, deposito biasa di artikan dalam arti penyetoran dan pengambilannyasemua di atur oleh waktu. Anda hanya bisa menyetorkan uang dan mengambil uang dengan waktu yang sudah di tentukan. Jika Anda mengambil uang bukan pada saatnya, siap-siap Anda terkena pinalti pelanggaran.

Produk deposito dengan waktu ternyata relatif stabil dibanding deposito barang seperti emas dan investasi lainnya. Deposito bisa digunakan alternatif tabungan yang cukup menguntungkan dari tahun ke tahun.

Jenis-jenis Deposito


1. Deposito Berjangka.

Sesuai dengan namanya, deposito berjangka ini merupakan tabungan yang jika Anda ingin mengambil uang yang ada di tabungan tersebut harus sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan oleh deposan dengan bank.

Jangka waktu deposito berjangka ini bervariasi seperti jangka waktu, 1 bulan hingga 24 bulan (satu tahun).

2. Deposito automatic roll over.

Deposito ini adalah deposito lanjutan dari deposito sebelumnya. Sesuai dengan namanya yaitu automatic roll over yaangartinya jika deposan tidak mengambil uang pada waktu yang sudah di tentukan maka uang tersebut akan roll over atau akan di tambah jangka waktunya secara automatic tanpa meminta persetujuan dari pihak deposan.

3. Sertifikat deposito.

Deposito sertifikaat ini juga sama dengan deposito jenis lain yang menggunakan waktu dalam pengambilannya. Perbedaan deposito ini yaitu bisa di perjual belikan atau bisa dipindah tangankan.

Dalam segi pencairan bunga, deposito jenis ini bisa di cairkan pada awal penyetoran sertifikat ke bank itu sendiri.

4. Deposito on call.

Deposito yang satu ini merupakan deposito yang tergolong minim dalam jangka waktu. Namun deposito ini memiliki minim penyetoran sesuai minimal dari bank itu sendiri. Biasanya minimal dari bank bisa mencapai 50 juta sampai 100 juta.

Deposito ini memiliki jangka waktu sekitar 7 hari atau maksimal kurang dari satu bulan. Keuntungan yang lebih dari deposito ini yaitu bunga yang di dapat tidak harus di putuskan dari bank. Bunga yang di pasang di putuskan dari proses negosiasi dari deposan dan pihak bank itu sendiri.

Manfaat jika kita memasukkan sebagian uang kita ke depositu adalah untuk meminimalisir keborosan yang terjadi di setiap harinya, dan membantu Anda mengatur keuangan Anda. Manfaat lain yaitu uang Anda akan stabil dan akan mendapatkan bunga yang lumayan besar. Namun Anda juga harus mempelajari apa itu deposito dan deposito mana yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Artikel Lainnya

Dana Darurat? Seberapa Penting untuk Disiapkan?

Dana Darurat? Seberapa Penting untuk Disiapkan?

Dana darurat memiliki fungsi sebagai dana yang digunakan di awal atau biasa disebut dengan bumper da...

Jenis Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Jenis Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Memiliki uang dan investasi di masa tua memang menjadi salah satu impian banyak orang. Namun sebagai...

Jauhi kredit! Apa Alasannya?

Jauhi kredit! Apa Alasannya?

Kartu kredit saat ini memang menjadi salah satu komponen yang mempermudah sistem pembayaran di era s...

Ingin Menggunakan Kartu Kredit? Cermati Kelebihan dan Kekurangannya

Ingin Menggunakan Kartu Kredit? Cermati Kelebihan dan Kekurangannya

Jika Anda adalah orang yang suka berbelanja di pasar swalayan untuk memnuhi kebutuhan harian atau ha...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once