Kesehatan Mandi Sekali Sehari
23 Aug/2019

Kesehatan Mandi Sekali Sehari

Umumnya orang Indonesia mandi dua kali sehari. Hal itu tertanam menjadi kebiasaan sejak kecil, ketika orang tua memandikan anaknya ketika bangun tidur atau hendak sekolah, dan sore hari sebelum tidur.



Photo by John Fornander on Unsplash

Memang tak ada penelitian resmi untuk seberapa sering seharusnya orang mandi, tetapi nyatanya mandi tidak perlu dua kali sehari. Pilihan waktu mandi bisa disesuaikan pada waktu pagi atau sore atau malam hari sesuai kebutuhan Anda. 

Dalam saluran AskAnAmerican, American Academy of Dermatology memberikan saran mandi setidaknya sekali sehari. Karena ketika mandi terlalu banyak akan mengjilankan kelembapan kulit. 

Sabun yang digunakan untuk mandi dibuat untuk menarik kotoran dan minyak dari kulit. Karena zat dalam sabun merupakan kombinasi antara lemak atau minyak ditambah zat alkali yang larut dalam air (seperti garam atau soda kue). Kedua ujung molekul sabun bekerja sama untuk menarik lemak dan minyak dari kulit ke dalam air.

Shampo juga menghilangkan minyak esensial (disebut sebum) dari rambut, itulah sebabnya sebagian besar ahli rambut setuju bahwa Anda harus membersihkan surai rambut paling banyak setiap dua hingga tiga hari sekali.

Saat kehilangan minyak alami dikombinasikan dengan menggosok keras bagian tubuh dan membasuh menggunakan air mendidih, bisa membuat kulit Anda menjadi kering. Ini juga berlaku saat musim dingin, ketika udara menjadi lebih kering.

Kerusakan kulit akibat mandi tidak berhenti ketika Anda selesai mandi, menurut David Leffell, penulis "Total Skin: The Definitive Guide to Whole Skin Care For Life" dan kepala bedah dermatologis di Yale School of Medicine. Leffell mengatakan kepada Business Insider bahwa ketika seorang keluar dari kamar mandi dan mengeringkan badannya dengan handuk, kelembapan yang tersisa di permukaan kulit mereka akan benar-benar hilang.

Dengan kata lain, lapisan kelembapan ditarik dari kulit Anda saat Anda keluar dari kamar mandi, kata Leffell. Sayangnya bagi mereka yang suka mandi air panas, semakin panas airnya, semakin buruk fenomena penghisapan kelembapan ini, karena air hangat menguap sehingga mengangkat kelembapan kulit bahkan lebih cepat daripada dingin.

Waktu Terbaik untuk Mandi
Mengutip laman Boldsky, waktu terbaik untuk mandi tergantung pada apa yang Anda lakukan sepanjang hari Anda. Jika pekerjaan Anda membuat Anda pulang dengan pakaian kotor, bukankah Anda akan mandi di malam hari?

Jika pekerjaan Anda tidak melibatkan semua itu, Anda pasti lebih memilih mandi pagi, bukan?

Jika aktivitas Anda membuat berkeringat banyak, pasti akan mandi kapan pun sampai di rumah terlepas dari waktu hari itu. Entah itu pagi, siang atau sore, Anda akan mandi dulu jika Anda banyak berkeringat. Kemudian, apabila hari Anda sangat aktif atau berkeringat, lebih baik membersihkan tubuh Anda di malam hari sebelum tidur. Mandi bisa membersihkan kotoran dan bakteri pada kulit.

Selain itu, sebuah studi mengklaim bahwa mandi malam membantu mendapatkan tidur yang santai setidaknya selama fase pertama tidur. Jika Anda menderita insomnia, cobalah mandi air hangat di malam hari. Tetapi hal ini tidak merekomendasikan untuk Anda mandi hanya malam hari. Lagi-lagi, tergantung dengan aktivitas yang Anda lakukan di hari itu.

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once