Kiat Agar Terhindar dari 'Diskon Palsu'
16 Aug/2019

Kiat Agar Terhindar dari 'Diskon Palsu'

 'Menolak' barang yang didiskon hingga 74 persen memang sulit rasanya. Bisa jadi, ini yang akan Anda rasakan saat datang ke perayaan Indonesia Great Sale 2019 di sejumlah mal besar.

Sebagai ajang untuk memperingati HUT RI kE-74, Indonesia Great Sale 2019 memang menawarkan diskon hingga 74 persen di outlet-outlet tertentu. Namun, jangan sampai niat untuk berhemat, justru berujung pada terjebak diskon palsu.

Mengutip NBCNews, sebuah studi yang dilakukan oleh lembaga non profit Consumer's Checkbook menyebutkan, 3 dari 10 toko terkenal melakukan trik berupa diskon palsu, yaitu menaikkan harga barang terlebih dahulu sebelum memberikan diskon.

Dalam riset tersebut, para peneliti melacak harga 6 hingga 10 item di tujuh toko retail di AS selama 44 minggu. Sebagian besar cek harga dilakukan secara online, lalu dicocokkan dengan harga di dalam toko.

Hasilnya, sebagian besar toko memang memberikan harga diskon yang sesuai, namun masih ada toko yang memberikan harga diskon palsu dengan menaikkan harga terlebih dahulu.

Namun, terlepas dari ada atau tidaknya realitas diskon 'palsu' di Indonesia, Bareyn Mochaddin seorang Perencana Keuangan Independen memiliki kiat agar Anda tak terjebak dengan harga palsu di pesta diskon.

"Dikutip dari CNN Indonesia" Berikut saran untuk Anda.

1. Bandingkan online
Sejalan dengan riset yang dilakukan Consumer's Checkbook, Bareyn menyarankan untuk membandingkan harga produk diskon di marketplace terpercaya terlebih dahulu. Lalu pertimbangkan, apakah promo diskon benar-benar memotong harga secara signifikan atau tidak.

2. Hindari sikap impulsif
Sikap impulsif atau terburu-buru seringkali membuat orang tak berpikir jernih, termasuk saat berbelanja. Hal ini berisiko membuat kita mengeluarkan lebih banyak uang akibat tak memikirkan apakah harga diskon tersebut sepadan dengan kualitas barang yang didapat, atau apakah itu menjadi harga terbaik bila dibandingkan dengan toko atau marketplace lain. Bareyn mengingatkan, sale akan selalu ada sepanjang tahun. Bila tak benar-benar dibutuhkan, baiknya tak asal 'mencomot' barang diskon.

3. Barang bernilai jual
Anda bisa menjadikan ajang diskon sebagai waktu yang tepat untuk berburu barang bernilai historis atau memiliki harga jual tinggi. Sehingga bila suatu saat barang sudah tak lagi terpakai, Anda bisa menjualnya kembali sebagai barang preloved. Umumnya, barang berkualitas baik dari merek populer tak sembarangan memberi harga diskon palsu.

Siap berburu diskon dengan harga terbaik?

Artikel Lainnya

Tempat Aman dan Nyaman Untuk Wanita Solo Traveller

Tempat Aman dan Nyaman Untuk Wanita Solo Traveller

Ladies.. katanya selagi kita muda kita harus menikmati hidup bukan? Setiap orang punya caranya send...

7 Tempat Staycation Menarik di Malang

7 Tempat Staycation Menarik di Malang

Hello para pelancong! 2020 berlangsung dengan sangat menyedihkan, kita ga bisa pergi kemana-mana nih...

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Pernahakah Anda mendengar kata "Skandinavia"? Bagi Anda yang belum tau, Skandinavia adalah daratan d...

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berlibur memang menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan orang-orang terci...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once