Menikmati Sajian Sedap Khas Dayak! source: cookpad.com
23 Jan/2020

Menikmati Sajian Sedap Khas Dayak!

Indonesia memiliki beragam makanan khas yang mewakili tiap-tiap daerah. Makanan khas biasanya diolah secara turun-temurun. Meskipun memungkinkan untuk mengolah bahan yang sama, tetapi rasa yang dihasilkan tentunya akan berbeda. Salah satu suku terbesar di Indonesia juga memiliki mkanan khas yang sangat nikmat. Suku Dayak merupakan suku yang mendiami pulau Kalimantan. Suku Dayak memiliki cara untuk mengolah makanan dan menjadikan makanan tersebut mempunyai cita rasa yang khas.

Orang-orang Dayak biasanya memanfaatkan hasil hutan atau tanaman yang tumbuh secara alami. Oleh karena itu, rasa masakan yang dihasilkan juga akan semakin sedap dan nikmat. Salah satu makanan khas suku Dayak bernama juhu singkah. Juhu singkah merupakan makanan khas Dayak yang terbuat dari tunas rotan mda, yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa nikmatyang khas. Sekilas, makanan ini mirip seperti gulai, namun sangat berbeda pada penyajiannya. Lalu, apalagi makanan khas Dayak lainnya? 

1. Juhu Singkah

source: cookpad.com
source: cookpad.com

Juhu singkah merupakan makanan khas suku Dayak yang terbuat dari rotan muda atau tunas rotan. Makanan ini biasanya disajikan ikan baung dan terong asam. Rasa pahit-manis antara rotan dan ikan baung, menjadikan rasa juhu singkah semakin unik. Tak lupa, kombinasi rasa gurih dan nikmat yang tersaji dari rempah-rempah dan santan yang digunakan. Juhu singkah sangat cocok dinikmati bersama dengan sepiring nasi hangat.

2. Sayur Tumbuk Daun Singkong

source: id.wikipedia.org
source: id.wikipedia.org

Orang-orang Dayak biasanya menggunakan daun singkong tumbuh untuk membuat menu masakan. Beragam variasi daun singkong tumbuk seperti urapan atau gulai daun singkong. Rempah yang digunakan dalam proses memasak, akan menambah kenikmatan daun singkong setelah disajikan nantinya.

3. Sayur umbut kelapa

source: takaitu.id
source: takaitu.id

Sama halnya dengan proses pembuatan gulai, orang Dayak memiliki gulai khas yang terbuat dari umbut kelapa. Umbut kelapa merupakan bahan utama yang diperoleh dari batang kelapa muda, yang tinginya 7 meter. UMbut gulai kelapa ini memiliki rasa yang gurih, pedas, dan nikmat.

4. Kue Dange
source by : koranpaangkep.com
source by : koranpaangkep.com

Kue khas suku Dayak ini terbuat dari parutan kelapa, gula, dan tepung yang diolah dengan cara dipanggang. Kue ini merupakan kue kebanggaan suku Dayak. Kue dange sangat cocok disajikan saat pagi hari atau teman minum kopi dan teh di sore hari.

Selain daftar makan di atas, suku Dayak masih memiliki banyak makanan khas yang sayang jika dilewatkan. Meskipun sekilas tampak sama atau menggunakan bahan dasar yang sama, tentunya rempah-rempah dan proses masa yang digunakan oeh suku Dayak dan daerah lainnya akan berbeda. Sudakah Anda mencicipi salah satunya?

 

Artikel Lainnya

Makanan Mewah Yang Bisa Dimasak Anak Kos Dengan Menggunakan Rice Cooker

Makanan Mewah Yang Bisa Dimasak Anak Kos Dengan Menggunakan Rice Cooker

Bagi seorang anak kost, tentunya kita ingin untuk bisa memasak makanan yang enak dan sehat. Tidak me...

Makanan Korea Ini Mirip Banget Sama Makanan Indonesia

Makanan Korea Ini Mirip Banget Sama Makanan Indonesia

Berkat arus globalisasi di abad 20-an ini, membuat semua negara-negara lebih dekat dari media-median...

Tips Membuat Corn Dog Ala Nenek Seo Dal-Mi Start Up

Tips Membuat Corn Dog Ala Nenek Seo Dal-Mi Start Up

Hayo siapa di sini yang sudah nonton drama Korea ter-hits 2020? Apalagi kalau bukan drama Korea "Sta...

5 Kreasi 'Durian' Jadi Makanan Khas Kota-Kota di Indonesia

5 Kreasi 'Durian' Jadi Makanan Khas Kota-Kota di Indonesia

Hai Sobat Kulineran!Passionkita dalam mencicipi segala jenis makanan kayaknya ga perlu d...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once