Nikmatnya Jajanan Pasar Bertabur Kelapa
04 Dec/2019

Nikmatnya Jajanan Pasar Bertabur Kelapa

Makanan yang bertabur kelapa ini mungkin bagi sebagian orang bisa membayangkan rasa dan bentuknya. Jajanan ini memang sudah sejak lama dibuat dan dijual sebagai jajanan orang jaman dulu. Namun, bukan hanya orang jaman dulu saja yang menyukai jajan pasar seperti ini. Namun jajanan pasar tradisional ini memiliki cita rasa khas yang unik. Berikut ini pilihan jajanan pasar yang bertabur kelapa yang akan membuat Anda nostalgia dengan rasa masa lalu saat melihatnya.

1. Klepon

source by : liputan6.com
source by : liputan6.com

Kue yang satu ini banyak dijual di desa-desa atau pasar tradisional. Kue ini berbahan dasar tepung yang didalamnya terdapat gula merah dan bertabur kelapa ini, mulai jarang ditemui di perkotaan. Cara memakan kue ini tidak bisa dengan cara berulang-ulang menggigitnya, dan dimakan dalam sekali suapan. Jika digigit, maka Anda akan belepotan terkena gula merah didalamnya. Jika dimakan dalam sekali suapan, maka nantinya Anda akan dikejutkan dengan gula merah yang tiba-tiba melumer dalam mulut. Asyik dan unik, bukan?

2. Gethuk

 

source by : ponorogo.go.id
source by : ponorogo.go.id

Gethuk ini terbuat dari bahan dasar kelapa. Gethuk saat ini sudah mengalami banyak perubahan seperti perubahan warna yang banyak disajikan dengan warna hijau, kuning dan merah muda. Meski begitu, warna pada gethuk terbuat dari pewarna makanan yang tidak berbahaya ketika di konsumsi. Gethuk akan nikmat dimakan menggunakan taburan kelapa di atasnya. Taburan kelapa akan menambah rasa gurih pada ghetuk.

3. Kue Puthu

source by ; berwirausaha.net
source by ; berwirausaha.net

Dahulu, kue puthu dikukus menggunakan bambu namun sekarang, banyak pedagang mengganti bambu pencetak puthu dengan pipa. Kue puthu sama seperti klepon yang terdapat gula merah yang ada di dalamnya, namun dengan tekstur yang sangat berbeda. Kue ini sangat cocok dimakan pada saat sore hari sambil minum teh hangat. Puthu ini terbuat dari tepung beras yang dikukus dan, dan disajikan dengan taburan kelapa.

4. Kue Awuk-Awuk

 

source by ; ayomasak.id
source by ; ayomasak.id

Kue awuk-awuk terbuat dari tepung ketan yang legit dan kenyal ketika digigit. Kue ini disajikan bersamaan dengan parutan kelapa, parutan kelapa yang ada pada kue ini biasanya dicampur dengan pewarna makanan karena itu akan menambah tampilan kue semakin terlihat cantik.

5. Cenil

source by : grid.id
source by : grid.id

Cenil terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung kanji. Dengan taburan kelapa di atasnya akan membuat makanan yang satu ini terasa manis sekaligus gurih. Cenil biasanya disajikan dengan warna  putih,merah muda, atau hijau pandan untuk menambah kesan menarik pada jajanan yang satu ini.

Itulah jajanan pasar yang bertabur kelapa dan mungkin salah satunya adalah jajanan yang sering Anda beli ketika Anda pergi ke pasar tradisional. Sebagian dari jajanan diatas sudah banyak dan mungkin jarang ditemui lagi. Beberapa juga sudah mengalami proses moderenisasi.

Artikel Lainnya

Makanan Mewah Yang Bisa Dimasak Anak Kos Dengan Menggunakan Rice Cooker

Makanan Mewah Yang Bisa Dimasak Anak Kos Dengan Menggunakan Rice Cooker

Bagi seorang anak kost, tentunya kita ingin untuk bisa memasak makanan yang enak dan sehat. Tidak me...

Makanan Korea Ini Mirip Banget Sama Makanan Indonesia

Makanan Korea Ini Mirip Banget Sama Makanan Indonesia

Berkat arus globalisasi di abad 20-an ini, membuat semua negara-negara lebih dekat dari media-median...

Tips Membuat Corn Dog Ala Nenek Seo Dal-Mi Start Up

Tips Membuat Corn Dog Ala Nenek Seo Dal-Mi Start Up

Hayo siapa di sini yang sudah nonton drama Korea ter-hits 2020? Apalagi kalau bukan drama Korea "Sta...

5 Kreasi 'Durian' Jadi Makanan Khas Kota-Kota di Indonesia

5 Kreasi 'Durian' Jadi Makanan Khas Kota-Kota di Indonesia

Hai Sobat Kulineran!Passionkita dalam mencicipi segala jenis makanan kayaknya ga perlu d...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once