Mobil Sering Mogok? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya!
04 Dec/2019

Mobil Sering Mogok? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Mobil merupakaan salah satu transportasi yang banyak digunakan saat ini. Dengan menggunakan mobil, Anda bisa mengajak teman atau keluarga secara bersamaan. Berlibur menggunakan mobil juga sangat efektif dilakukan, karena pada saat di perjalanan Anda tidak merasakan kepanasan atau kehujanan.

Dengan fungsi mobil yang sangat bermanfaat untuk sehari-hari, tentunya Anda juga harus memperhatikan perawatannya juga. Mobil mogok tidak akan melihat poisi dimana Anda mengandarainya. Bisa saja mobil Anda mogok pada saat Anda menggunakannya di jalan Tol, jalan sempit, atau saat Anda bepergian ke jalanan pegunungan. Tentunya sangat merepotkan jika saat Anda bepergian mobil yang Anda gunakan saat itu mengalami kerusakan (mogok).

Mengetahui kenapa mobil bisa mengalami kerusakan saat perjalanan sangat penting, cara mengatasinya juga bisa Anda lakukan sendiri jika memang kerusakan yang terjadi tergolong ringan. Berikut ini penyebab mobil Anda mogok dan cara menanganinya.

Alternator pada mobil bermasalah

Alternator pada mobil sangat penting sebagai penyuplai listrik yang mengalir ke aki mobil. Jika alternator mobil rusak, listrik yang mengalir dari aki ke mobil juga tidak bisa berfungsi. Listrik yang berperan untuk menghidupkan aki, ketika alternator rusak maka mobil tidak bisa distater dan menyala. 

Ketika mobil mogok, cek dulu listrik yang ada pada aki mobil Anda. Ketika sudah menemukan masalah yang membuat mobil Anda mogok dan penyebabnya dikarenakan alternator mobil yang rusak, maka Anda harus pergi ke bengkel atau bisa dengan memanggil montir untuk pergi ke tempat Anda.

Aki mobil bermasalah

Aki merupakan komponen penting agar mobil mudah dinyalakan. Ketika aki mengalami masalah, hal tersebut akan membuat mobil susah menyala. Hal yang bisa Anda lakukan yaitu dengan cara mengganti aki mobil atau bisa juga memperbaikinya.

Jika Anda memutuskan untuk memperbaiki aki mobil Anda, hal yang bisa saja terjadi, mobil Anda akan bisa jadi mogok sewaktu-waktu karena aki mengalami masalah setelah diperbaiki. Lebih baiknya Anda segera mengganti aki mobil agar mobil bisa menyala dengan benar.

Karburator mobil rusak

Masalah yang bisa saja terjadi dan membuat mobil Anda mogok yaitu karburator yang bermasalah. Karburator merupakan komponen mesin yang menghantarkan bahan bakar ke mesin. Ketika mobil mogok karena diakibatkan karburator yang bermasalah, hal ini bisa saja karena bahan bakar ke karburator mengalir dalam jumlah sedikit. 

Karburator yang kotor bisa juga menjadikan mobil Anda mogok. Cek karburator pada mobil Anda dan juga selang yang menyambungkan tengki bahan bakar ke karburator mobil. Bersihkan karburator agar karburator bisa berfungsi dengan baik.

Overheat

Ketika Mobil berjalan dan tiba-tiba berhenti, bisa jadi itu diakibatkan karena mobil mengalami overheat. Kondisi ini sering terjadi karena pemilik mobil tidak mengecek air radiator yang berfungsi sebagai pendingin mesin. Air radiator yang habis, akan membuat mesin cepat mengalami kepanasan. Jika mesin terlalu panas, maka komponen yang akan rusak seperti piston mobil bisa saja meleleh dan mesin pada mobil akan berhenti secara tiba-tiba.

Lakukan perawatan pada mobil Anda secara rutin, agar bisa meminimalisir kerusakan. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan terhadap komponen mobil Anda, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, termasuk mobil mogok.

Artikel Lainnya

Jangan Lupa Bayar Pajak, Ini Cara Mudah Cek Masa Pajak Kendaraan Anda

Jangan Lupa Bayar Pajak, Ini Cara Mudah Cek Masa Pajak Kendaraan Anda

Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib untuk membayar pajak. Kita diharuskan pergi ke samsat untuk ...

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berlibur memang menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan orang-orang terci...

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Musim penghujan telah tiba, banyak yang menunggunya karena akan menyuburkan tanaman di perkebunan. N...

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan

Memiliki wajah cantik dan halus bak model menjadi banyak impian bagi para kaum hawa. Banyak yang rel...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once