Mengetahui Berbagai Penyebab Gatal Dan Cara Mengatasinya
04 Dec/2019

Mengetahui Berbagai Penyebab Gatal Dan Cara Mengatasinya

Gatal-gatal merupakan dampak yang disebabkan oleh gangguan bakteri pada kulit. Pada umumnya, penyakit ini dianggap penyakit ringan. Namun jika gatal pada kulit sudah menjalar ke berbagai permukaan kulit, hal tersebut harus segera ditangani dan dibawa ke Dokter.

Namun Anda juga harus tahu apa saja jenis gatal dan penyebabnya serta bagaimana cara mengatasinya, agar gatal tidak menjalar ke semua anggota tubuh.

Gatal Akibat Infeksi Jamur

Gatal akibat jamur tidak boleh Anda abaikan. Jamur seringkali menyerang kulit dan kuku yang kebersihannya tidak terjaga dengan baik. Jika kebersihan tidak Anda jaga, maka jamur yang ada pada kulit Anda akan semakin cepat menyebar luas ke area sekitar tumbuhnya jamur. Ciri-ciri dari infeksi jamur ini yaitu kulit akan memerah, terlihat seperti cincin dan berbatas tegas.  Apabila di kuku, maka kuku akan terlihat tebal dan menguning.

Jika Anda mengalami gatal karena jamur, Anda bisa membeli obat antijamur yang banyak dijual di apotek. Biasanya obat antijamur yang dijual dalam bentuk salep (oles), yang bisa langsung diaplikasikan pada kulit ataupun kuku yang terkena jamur. Selain itu, Anda harus menjada kebersihan Anda secara rutin dan benar, agar tidak terkena infeksi jamur. 

Gatal Akibat Biang Keringat

Biang keringat merupakan salah satu penyakit yang bisa dialami oleh siapapun, termasuk bayi. Pada bayi umumnya biang keringat akan muncul pada bagian ketiak, selangkangan akibat gesekan popok, lipatan siku, maupun leher. Pada orang dewasa biang keringat biasanya akan muncul pada kulit yang terkena gesekan baju, atau karena tidak tahan dengan suhu panas lingkungannya.

Biang keringat muncul dikarenakan ada keringat yang terperangkap pada kulit dan tidak bisa menguap akibat kelenjar keringat yang terperangkap. Biang keringat juga bisa disebabkan karena fisik yang bekerja dan mengeluarkan keringat, istirahat terlalu lama, atau kepanasan.

Jika Anda mengalami biang keringat, maka usahakan untuk tidak terkena air, karena air justru akan memperparah kondisi biang keringat yang Anda alami. Usahakan biang keringat Anda tetap kering dan tidak lembab, serta Anda tidak sedang kepanasan. Gunakan krim hidrokkortison, dan calamine untuk meringankan biang keringat yang Anda alami.

Gatal Akibat Alergi

Gatal jenis ini adalah reaksi yang dialami oleh tubuh, ketika bersentuhan dengan benda lain yang kemudian timbul ruam merah atau rasa gatal. Lebih dari 3000 jenis zat yang bisa membuat kulit mengalami alergi akibat terkena zat tersebut. Zat-zat tersebut seperti zat lateks, nikel, logam, pewarna, pewangi, tanaman tertentu, dan sinar UV.

Ketika Anda terkena  alergi, segeralah minum obat dan jangan sampai Anda mengkonsumsi atau menyentuh benda yang bisa membuat kulit Anda alergi. Jangan menggaruk bagian kulit yang gatal, karena itu akan memperparah kondisi Anda.

Jika gatal tak kunjung sembuh, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter kulit agar mendapatkan penanganan. Jangan mengabaikan gatal karena itu akan sangat menganggu aktifitas Anda sehari-hari. Anda harus tetap selalu menjaga kebersihan diri, agar terhindar dari gatal yang menganggu

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once