Orang yang Kreatif Cenderung Rentan Alami Gangguan Kejiwaan
21 Aug/2019

Orang yang Kreatif Cenderung Rentan Alami Gangguan Kejiwaan

Orang kreatif dan gangguan mental tak bisa dikatakan saling berhubungan. Namun berdasarkan fakta, ada beberapa orang kreatif seperti seniman terkenal yang mengalaminya.

Sebutlah Vincent Van Gogh, pelukis yang memotong telinga kirinya. Begitu pula Ludwig Van Beethoven, Darwin, serta masih banyak lagi. Riset dari British Journal of Psychiatry menemukan, kecenderungan skizofrenia - salah satu gangguan mental - meningkat pada orang-orang kreatif.

Penelitian ini memiliki sampel sekitar 4,5 juta responden. Korelasi antara kreativitas dan gangguan mental ditemukan oleh para peneliti di King’s College London. Mereka mengamati catatan keseharian seluruh sampel serta melihat apakah responden pernah belajar subjek artistik entah musik atau drama.

Hasilnya, mereka yang punya gelar di bidang artistik 90% lebih mungkin dirawat di rumah sakit jiwa karena skizofrenia atau gangguan bipolar daripada orang lain. “Semakin Anda mengamati orang kreatif, maka makin besar asosiasi dengan gangguan mental. Saya berpikir, tingkat kreativitas artistik berisiko tinggi,” ujar James MacCabe selaku pemimpin penelitian.

Lebih lanjut menurut MacCabe, kaitan antara kreativitas dan skizofrenia bisa menjadi genetik atau menyangkut pola pikir seseorang. “Lewat kreativitas, orang sering membuat lompatan kreatif. Ini juga terjadi dalam kondisi gangguan kejiwaan, dimana Anda membentuk delusi dan menghasilkan beberapa teori,” ujarnya lagi.

Profesor Stephen Lawrie dari University of Edinburgh mengatakan, teori tersebut adalah analisis paling masuk akal yang telah ia lihat mengenai masalah pelik antara kreativitas dan kesehatan mental. “Studi ini sangat menarik, mencoba pendekatan yang teliti. Hasilnya sesuai pengalaman klinis saya, sebab saya sendiri punya kesan itu pada lebih banyak ‘artis’ ketimbang orang lain,” kata Lawrie.

Kendati demikian, bukan berarti semua orang kreatif mengalami masalah kesehatan mental. Menggunakan latar belakang pendidikan sebagai penanda skizofrenia kurang akurat secara ilmiah, karena ada banyak orang kreatif yang tidak muncul pada hasil penelitian.

Sebagai contoh, di tahun 2010 lalu pemindaian otak mengungkap kesamaan antara jalan pikiran penderita skizofrenia dan orang kreatif. Kemudian hasil studi pada 2015, orang-orang kreatif berisiko terkena skizofrenia dan gangguan bipolar. Akan tetapi, studi di tahun 2012 menegaskan, hanya penulis yang memiliki risiko lebih tinggi.

Sebelumnya, MacCabe juga pernah mencoba meneliti hubungan keduanya. Pada 2014 lalu, hasil penelitiannya menunjukkan gangguan bipolar empat kali lebih besar menimpa kalangan orang dewasa muda yang berprestasi di bidang akademis.

Ia bekerja sama dengan Karolinska Institute, membandingkan antara catatan sekolah nasional Swedia dan diagnosisi untuk gangguan mental tersebut. “Nilai A dikaitkan dengan peningkatan risiko bipolar, khususnya dalam studi humaniora dan lebih rendah pada bidang sains,” tulis MacCabe.

Artikel Lainnya

Pekerjaan Menumpuk? Lakukan Cara ini Agar Anda Tetap Fit

Pekerjaan Menumpuk? Lakukan Cara ini Agar Anda Tetap Fit

Bekerja merupakan kegiatan sehari-hari agar bisa tercukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Banyak orang...

Cara Merawat Kulit Pada Saat Banjir

Cara Merawat Kulit Pada Saat Banjir

Saat ini Indonesia sedang memasuki musim penghujan. Genangan air sudah menjadi hal yang biasa pada s...

Apa Itu Gig Economy? Mengenal Gig Economy

Apa Itu Gig Economy? Mengenal Gig Economy

Dengan berkembangnya teknologi dan perusahaan secara global, istilah 'gig economy' saat ini memang m...

Sering Menguap Saat Kerja? Tanda Tubuh Kekurangan Oksigen

Sering Menguap Saat Kerja? Tanda Tubuh Kekurangan Oksigen

Sebagiaan besar orang mengetahui menguap sebagai tanda kurangnya tidur atau kondisi dimana seseorang...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once