Penyakit yang Bisa Ditularkan Kucing Pada Manusia
12 Dec/2019

Penyakit yang Bisa Ditularkan Kucing Pada Manusia

Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena lucu dan menggemaskan. Banyak jenis-jenis kucing yang tersebar luas di beberapa daerah, mulai dari jenis lokal (domestik) sampai kucing jenis ras persia, anggora, ataupun himalaya. Namun kucing juga bisa berbahaya bagi manusia jika kucing yang dipelihara, tetapi tidak dijaga dan dirawat dengan benar. Kucing bisa membawa sejumlah penyakit yang guruk untuk tubuh. Berikut ini penyakit yang bisa ditularkan kucing ke manusia.

1. Toksoplasma

Untuk ibu hamil, sebaiknya jangan mendekati kucing. Parasit toksoplasma sangat berbahaya jika parasit tersebut masuk ke dalam tubuh, dapat menyebabkan gangguan kehamilan hingga kecacatan pada janin. Parasit ini juga bisa mengakibatkan kerusakan organ reproduksi.

Hindari menyentuh atau mendekati kucing pada saat Anda sedang hamil, karena bisa berbahaya untuk kesehatan janin Anda. Walaupun penyebab toksoplasma tidak hanya disebabkan oleh kucing saja, namun keberadaan toksoplasma pada kucing sangatlah besar kemungkinannya.

2. Asma

Penyakit yang berada di area rongga pernapasan ini juga sangat berbahaya. Ketika Anda menghirup udara dan udara tersebut bercampur dengan bulu kucing yang rontok, bisa mengakibatkan Anda terkena serangan Asma. Bulu kucing yang rontok akan masuk kedalam pernapasan Anda dan mengakibatkan kerusakan pada sistem pernapasan. 

Gagal napas juga bisa mengakibatkan Anda susah bernapas dan kekurangan oksigen, bahayanya ketika gagal napas bisa mengakibatkan kematian karena bulu yang masuk mengandung bakteri dan virus.

3. Infeksi cacing tambang

Cacing jenis ini bisa hidup di dalam usus anjing atau kucing, telur cacing tambang akan keluar bersamaan dengan kotoran kucing atau anjing. Ketika manusia menyentuh tanah yang terdapat cacing tambang, maka cacing tersebut akan dengan mudah masuk kedalam tubuh manusia dengan melalui pori-pori kulit. 

Cacing yang berada dalam tubuh manusia akan mengakibatkan infeksi pada perut dan bisa terjadi pendarahan. Cacing yang mulai masuk melalui kulit, makaa kulit akan terasa sakit dan merasakan gatal luar biasa. Cacing jenis ini bisa mati dengan cara mengkonsumsi obat antiparasit.

4. Ringwom

Penyakit ini sering dikenal sebagai penyakit kurap. Kucing yang terkena penyakit ringwom, akan merontokkan bulunya dan jika terkena manusia, akan timbul rasa gatal dan kemerahan berbentuk bulat pada kulit. Penyakit ringwom pada kucing diakibatkan dari infeksi karena telur cacing yang menempel pada kulit.

Bahaya tersebut tidak akan terjadi jika pemilik kucing sering membersihkan kandang kucing dan merawat kesehatan kucing. Penyakit tersebut tidak akan menular kepada Anda jika kucing yang Anda pelihara terjaga akan kebersihannya. Bukan hanya kebersihan kucing yang harus Anda jaga, kebersihan kandang serta pakannya juga tidak lupa untuk dijaga agar kucing tetap sehat dan tidak menularkan penyakit.

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once