Penyakit yang Bisa Ditularkan Kucing Pada Manusia
12 Dec/2019

Penyakit yang Bisa Ditularkan Kucing Pada Manusia

Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara karena lucu dan menggemaskan. Banyak jenis-jenis kucing yang tersebar luas di beberapa daerah, mulai dari jenis lokal (domestik) sampai kucing jenis ras persia, anggora, ataupun himalaya. Namun kucing juga bisa berbahaya bagi manusia jika kucing yang dipelihara, tetapi tidak dijaga dan dirawat dengan benar. Kucing bisa membawa sejumlah penyakit yang guruk untuk tubuh. Berikut ini penyakit yang bisa ditularkan kucing ke manusia.

1. Toksoplasma

Untuk ibu hamil, sebaiknya jangan mendekati kucing. Parasit toksoplasma sangat berbahaya jika parasit tersebut masuk ke dalam tubuh, dapat menyebabkan gangguan kehamilan hingga kecacatan pada janin. Parasit ini juga bisa mengakibatkan kerusakan organ reproduksi.

Hindari menyentuh atau mendekati kucing pada saat Anda sedang hamil, karena bisa berbahaya untuk kesehatan janin Anda. Walaupun penyebab toksoplasma tidak hanya disebabkan oleh kucing saja, namun keberadaan toksoplasma pada kucing sangatlah besar kemungkinannya.

2. Asma

Penyakit yang berada di area rongga pernapasan ini juga sangat berbahaya. Ketika Anda menghirup udara dan udara tersebut bercampur dengan bulu kucing yang rontok, bisa mengakibatkan Anda terkena serangan Asma. Bulu kucing yang rontok akan masuk kedalam pernapasan Anda dan mengakibatkan kerusakan pada sistem pernapasan. 

Gagal napas juga bisa mengakibatkan Anda susah bernapas dan kekurangan oksigen, bahayanya ketika gagal napas bisa mengakibatkan kematian karena bulu yang masuk mengandung bakteri dan virus.

3. Infeksi cacing tambang

Cacing jenis ini bisa hidup di dalam usus anjing atau kucing, telur cacing tambang akan keluar bersamaan dengan kotoran kucing atau anjing. Ketika manusia menyentuh tanah yang terdapat cacing tambang, maka cacing tersebut akan dengan mudah masuk kedalam tubuh manusia dengan melalui pori-pori kulit. 

Cacing yang berada dalam tubuh manusia akan mengakibatkan infeksi pada perut dan bisa terjadi pendarahan. Cacing yang mulai masuk melalui kulit, makaa kulit akan terasa sakit dan merasakan gatal luar biasa. Cacing jenis ini bisa mati dengan cara mengkonsumsi obat antiparasit.

4. Ringwom

Penyakit ini sering dikenal sebagai penyakit kurap. Kucing yang terkena penyakit ringwom, akan merontokkan bulunya dan jika terkena manusia, akan timbul rasa gatal dan kemerahan berbentuk bulat pada kulit. Penyakit ringwom pada kucing diakibatkan dari infeksi karena telur cacing yang menempel pada kulit.

Bahaya tersebut tidak akan terjadi jika pemilik kucing sering membersihkan kandang kucing dan merawat kesehatan kucing. Penyakit tersebut tidak akan menular kepada Anda jika kucing yang Anda pelihara terjaga akan kebersihannya. Bukan hanya kebersihan kucing yang harus Anda jaga, kebersihan kandang serta pakannya juga tidak lupa untuk dijaga agar kucing tetap sehat dan tidak menularkan penyakit.

Artikel Lainnya

Covid Masih Belum Berakhir, ini Tips Supaya Kamu Tetap Stay Safe di Mana Pun

Covid Masih Belum Berakhir, ini Tips Supaya Kamu Tetap Stay Safe di Mana Pun

Memasuki Tahun Baru 2021, Kasus Virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 belum juga menemukan ...

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari adalah salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Anda tidak perlu mengeluarkan ...

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Siapa yang tidak suka dengan ayam goreng? Hampir semua orang mulai dari anak kecil hingga orang dewa...

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Musim penghujan telah tiba, banyak yang menunggunya karena akan menyuburkan tanaman di perkebunan. N...