Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Aki Mobil Anda Bermasalah
11 Dec/2019

Hal-hal yang Bisa Menyebabkan Aki Mobil Anda Bermasalah

Aki merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Ketika aliran listrik yang ada pada aki bermasalah, maka mobil akan mengalami kesulitan untuk dihidupkan. Pada umumnya, aki telah dirancang dapat bertahan mulai 1 hingga 2 tahun. Namun bisa saja terjadi kesalahan pada mobil yang membuat aki cepat habis dan tidak bertahan selama 2 tahun.

Ketika listrik yang dialirkan aki ke mobil tidak normal, maka aki akan mengalami pemborosan terhadap listrik. Kenali masalah yang terjadi sehingga Anda bisa secara cepat menangani masalah pada aki. Namun terkadang masalah bisa saja terjadi dan pemilik mobil bisa saja tidak mengetahui apa penyebab aki mobil bermasalah. Berikut ini hal yang bisa saja terjadi sehingga menyebabkan aki mobil Anda bermasalah.

1. Mobil Jarang Digunakan

Banyak orang yang mengira jika kendaraan kususnya mobil jarang dipakai akan membuat komponen-komponen pada mobil termasuk aki akan awet dan tidak bermasalah. Faktanya jika mobil tidak di pakai, akan mengakibatkan komponen seperti aki akan cepat rusak  bahkan hanya dalam hitungan bulan. Maka dari itu, Anda harus rutin melihat kondisi mobil menjadi salah satu cara agar mobil bisa awet dan aliran listrik bisa tetap optimal ketika digunakan.

2. Tingginya tingkat penggunaan mobil

Bukan hanya mobil yang jarang digunakan saja yang akan mengalami kerusakan pada komponen akinya. Mobil yang sering digunakan juga akaan mengalami kerusakan yang akan cepat terjadi terlebih jika tidak melakukan perawatan pada mobil. 

Mobil yang digunakan terlalu sering akan membuat aki cepat habis, terlebih jika aki yang digunakan adalah aki basah. Cek kondisi mobil serta cek kondisi aki jika mobil Anda terus digunakan secara rutin, agar tidak mengalami masalah ketika di perjalanan.

3. Ampere Mobil Kecil

Kebutuhan listrik yang dibutuhkan mobil memang besar. Jika ampere aki pada mobil Anda tidak sesuai dengan kebutuhan mobil, maka aki akan cepat habis atau bahkan bisa juga cepat rusak. Maka dari itu, gunakan aki yang memiliki kapasitas ampere yang besar sesuai dengan kebutuhan mobil Anda.

4. Kelalaian

Selain dari komponen atau kerusakan akibat aki yang kecil. Kelalaian juga bisa membuat aki Anda cepat rusak. Ketika Anda lupa mematikan lampu, tidak menutup pintu rapat-rapat, atau lupa mematikan radio yang ada pada mobil, akan membuat aki cepat habis atau rusak.

Sebelum Anda meninggalkan mobil, pastikan semua komponen seperti radio atau charger yang ada di mobil semuanya mati total. Jangan lupa untuk menutup pintu secara rapat agar aki Anda tidak mudah rusak.

Itulah beberapa penyebab aki yang cepat rusak. bukan hanya itu saja yang bisa membuat aki cepat habis. Usia aki yang memang sudah tua juga bisa menjadi penyebab aki harus di ganti. Maka karena itu, sering cek kondisi mobil dan aki agar mobil tetap terjaga dan awet.

Artikel Lainnya

Jangan Lupa Bayar Pajak, Ini Cara Mudah Cek Masa Pajak Kendaraan Anda

Jangan Lupa Bayar Pajak, Ini Cara Mudah Cek Masa Pajak Kendaraan Anda

Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib untuk membayar pajak. Kita diharuskan pergi ke samsat untuk ...

Ini yang Akan Terjadi Ketika Mobil Nekat Dijalankan Saat Terjadi Banjir

Ini yang Akan Terjadi Ketika Mobil Nekat Dijalankan Saat Terjadi Banjir

Banjir seringkali membuat kendaraan yang nekat menerobos, mengalami kerusakan atau mogok. Ketika air...

Pentingnya Memperhatikan Kondisi Radiator Pada Kendaraan

Pentingnya Memperhatikan Kondisi Radiator Pada Kendaraan

Dalam sistem pendinginan mesin mobil, radiator merupakan komponen yang sangat penting agar mesin tid...

Sebelum Anda Membeli Mobil Listrik, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum Anda Membeli Mobil Listrik, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Saat ini, teknologi yang berkembang bukan hanya dalam bidang ilmu pengetahuan, tetapi juga bidang ot...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once