Jenis Sakit Kepala Dan Penyebabnya
11 Dec/2019

Jenis Sakit Kepala Dan Penyebabnya

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi. Pada bagian kepala umumnya rasa sakit akan muncul pada bagian belakang kepala sampai menjalar ke bagian leher. Namun sakit kepala memiliki jenis-jenis berbeda seperti migrain, sakit kepala cluster, dan sakit kepala tegang. Jenis sakit kepala yang berbeda akan memiliki lokasi atau bagian sakit yang berbeda pada kepala.

Sakit kepala bisa terasa selama beberapa jam bahkan hingga beberapa hari. Jangan anggap sakit kepala merupakan sakit yang ringan, dengan adanya sakit pada kepala bisa jadi itu pertanda awal dari penyakit berbahaya yang akan menyerang Anda. Kenali jenis sakit kepala dan cara menanganinya.

1. Sakit kepala migrain

 

Sakit kepala migrain biasanya muncul pada bagian kepala sebelah kiri atau kanan saja. Sakit kepala migrain atau sakit kepala sebelah, biasanya akan bertahan selama beberapa jam hingga bisa terjadi selama beberapa hari. Penyebab pasti dari serangan migrain memang tmasih belum diketahui, namun penjelasan mengenai penyebab terjadinya migrain bisa terjadi karena kelelahan, tidur tidak cukup, akibat rokok, dan minum minuman beralkohol.

Penderita migrain akan mengalami sensitif terhadap kebisingan atau bisa juga terhadap cahaya. Ketika melihat cahaya, rasa sakit akan sangat terasa dan ketika Anda terkena migrain, Anda diharuskan beristirahat dan jangan melakukan aktifitas apapun untuk meredakan rasa sakitnya.

2. Sakit Kepala Tegang

Penderita sakit kepala tegang biasanya akan merasakan sakit pada bagian kedua sisi kepala atau juga bisa terasa pada bagian leher. Tegang akibat sakit kepala biasanya dikarenakan Anda kelelahan, kurang tidur, merokok, dan minum minuman beralkohol. Jika rasa sakit kepala tegang menyerang Anda, usahakan segera beristirahat sebentar agar rasa sakitnya tidak bertahan lama.

3. Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala jenis ini merupakan jenis sakit kepala yang datangnya bisa secara tiba-tiba. Anda bisa terserang sakit kepala cluster pada saat Anda tidur, dan bisa membuat Anda bangun secara tiba-tiba. Sakit kepala jenis ini biasanya rasa sakit pada bagian belakang mata atau bisa juga pada sekitar mata.

Hindari ruangan yang bercahaya atau yang memiliki kebisingan. Suara bising bisa memperburuk kondisi sakit kepala Anda. JIka Anda terserang penyakit kepala ini, segeralah mencari ruangan yang gelap dan terhindar dari kebisingan.

Cara mengobati sakit kepala secara alami

* Mencari tempat yang gelap :
Tempat gelap bisa menurunkan rasa sakit pada kepala. Ketika sakit kepala menyerang Anda, segeralah mencari tempat yang gelap serta jauh dari kebisingan. Cahaya pada komputer bisa memperparah kondisi sakit kepala Anda.

* Mengompres dengan es :
Kompres bagian kepala yang terasa nyeri dengan menggunakan es. rasa dingin yang ada pada es bisa menenangkan rasa sakit pada kepala Anda. Usahakan tetap rileks agar otot tidak tegang.

* Memijat bagian kepala :
Memijat pada titik-titik kepala bisa mengurangi rasa sakit kepala. Bagian yang harus Anda pijat yaitu bagian pelipis, leher, dan bagian kepala yang terasa sakit. Dengan memijat, akan mengurangi rasa sakit yang ada pada kepala Anda.

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once