Mengenal Baik dan Buruk Cabai Bagi Kesehatan
10 Dec/2019

Mengenal Baik dan Buruk Cabai Bagi Kesehatan

Menyantap makanan memang sangat nikmat jika bersamaan dengan sambal yang pedas. Sudah kebiasaan masyarakat mengkonsumsi sambal pedas, terlebih jika makan bersamaan nasi yang hangat dan lauk ayam goreng dengan lalapan.

Namun dibalik kelezatan yang ada pada cabai, terdapat beberapa manfaat serta resiko yang harus ditanggung para penikmat sambal. Tetapi bukan hanya resiko buruk, cabai juga memiliki beberapa manfaat baik bagi tubuh. Berikut ini dampak buruk dan manfaat mengkonsumsi cabai bagi kesehatan. 

Manfaat Mengkonsumsi Cabai

Menjaga kekebalan tubuh

Cabai merupakan jenis sayuraan yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Cabai mengandung Vitamin A dan C yang berguna sebagai pelindung tubuh. Manfaat yang di dapat dengan mengkonsumsi cabai yaitu menjaga kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang virus yang bisa saja menyerang tubuh Anda secara tiba-tiba. Cabai bermanfaat untuk memperkuat kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Sebagai Antikanker

Cabai berguna sebagai antikanker dalam tubuh. Zat capsaicin yang terkandung dalam cabai mampu membunuh sel-sel kanker yang akan menyerang tubuh.  Mengkonsumsi cabai secara teratur juga berguna untuk membunuh sel-sel jahat yang ada pada tubuh.

Mengobati Flu dan Hidung Tersumbat

Kandungan capsaicin yang ada pada cabai mampu mengeluarkan virus yang menyebabkan flu dan hidung tersumbat. Capsaicin pada cabai juga mampu untuk mengeluarkan keringat yang akan mengeluarkan bakteri yang ada pada tubuh.

Bahaya Mengkonsumsi Cabai Terlalu Banyak

Cabai juga bisa berbahayaa untuk kesehatan tubuh jika konsumsinya terlalu banyak. Berikut ini bahaya mengklonsumsi cabai terlalu banyak.

Mengakibatkan Maag

Mengkonsumsi cabai atau makanan pedas dapat mengakibatkan iritasi pada lambung, karena iritasi tersebut akan mengakibatkan timbulnya penyakit maag. Anda juga bisa terserang penyakit sakit kepala karena diakibatkan maag tersebut.

Asam Lambung Meningkat

Makanan pedas atau cabai juga akan mengakibatkan asam lambung Anda meningkat. Mengkonsumsi cabai atau makanan pedas terlalu banyak akan membuat asam lambung meningkat dan jika semakin buruk akan membuat dinding lambung Anda iritasi dan rusak.

Menyebabkan Iritasi Pada Usus

Banyak mengkonsumsi makanan pedas atau cabai dapat membuat iritasi pada usus. Terlebih jika usus Anda sangat sensitif, Maka dari itu kurangi mengkonsumsi cabai atau makanan pedas jika usus Anda terlalu sensitif. Jika usus mengalami iritasi, maka perut akan terasa panas.


Itulah manfaat dan resiko jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas atau terlalu banyak mengkonsumsi cabai. Berhenti mengkonsumsi cabai sebelum Anda merasakan sakit pada perut atau jika tidak maka dampak buruk akan menyerang Anda.

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once