Sering Mengkonsumsi Makanan Berpewarna dan Menggunakan Pengawet? Ini Akibatnya!
09 Dec/2019

Sering Mengkonsumsi Makanan Berpewarna dan Menggunakan Pengawet? Ini Akibatnya!

Zat pengawet memang banyak digunakan sebagai cara untuk mengawetkan makanan agar tidak mudah basi. Zat pewarna juga digunakaan agar warna dari makanan atau minuman yang dibuat bisa terlihat lebih cerah, berwarna, dan menari perhatian. Namun jika bahan yang digunakan merupakan bahan kimia yang tidak baik untuk tubuh, maka kesehatan tubuh juga akan terganggu. 

Tubuh yang telah dimasuki oleh zat pewarna atau pengawet sebenarnya bisa mengurainya sendiri, namun jika zat pengawet terlalu banyak masuk kedalam tubuh, itu akan mengganggu sistem kerja tubuh. Pengawet dan pewarna pada makanan dapat mengakibatkan gangguan penyakit seperti diabetes dan gangguan pada ginjal. 

Berikut ini dampak dari jika Anda sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pengawet dan pewarna. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui bahan-bahan pengawet terlebih dahulu.

Mengenal Bahan Pengawet

Dalam pasaran saat ini terdapat dua bahan pengawet yaitu bahan pengawet alami dan sintetis (buatan). Dilihat dari namanya, Tentunya Anda sudah mengetahui mana yang berbahaya dan mana yang aman untuk tubuh. Bahan pengawet alami, contohnya adalah seperti gula dan garam yang dapat menyerap air dan membunuh bakteri. Anda bisa menggunakan garam seperti proses pengawetan ikan asin, menggunakan gula sebagai pengawet seperti yangterdapat pada manisan buah-buahan.

Pengawet sintetis yaitu pengawet yang terbuat dari bahan kimia. Tidak semua jenis bahan pengawet sintetis berbahaya untuk tubuh, namun dalam dosis dan jenis tertentu bahan pengawet tersebut bisa mengganggu kesehatan tubuh terlebih jika Anda terlalu banyak mengkonsumsinya.

Beberapa bahan pengawet sintetis yang sangat berbahaya yaitu boraks, formalin, metanyl yellow, dan juga rhodamin B. Bahan kimia tersebut sangat berbahaya jika masuk dalam tubuh

Berikut ini dampak bahan pengawet untuk kesehatan tubuh

Pengawet yang berbahaya untuk tubuh seperti pengawet buatan yang terbuat dari bahan kimia dapat mengakibatkan penyakit seperti :

*  Perubahan perilaku pada anak-anak 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengkonsumsi bahan pengawet buatan akan mengalami perubahan perilaku. Perubahan tersebut bisa dilihat pada anak yang tiba-tiba perilakunya berubah menjadi hiperaktif. Maka dari itu jauhkan anak Anda dari makanan yang tidak jelas cara mengolahnya. Jika takut akan hal tersebut, Anda bisa membuat jajanan sendiri dirumah agar anak Anda terhindar dari baahan kimia yang terdapat pada jajanan.

* Gangguan pada pernapasan

Bagi Anda yang memiliki penyakit pernapasan seperti asma, Anda harus berhati-hati dalam meengkonsumsi makanan seperti jajanan dipinggir jalan. Anda harus waspada jika pengawet masuk kedalam tubuh Anda, bisa jadi asma akan kambuh. Munculnya infeksi pada pernapasan juga bisa diakibatkan dari bahan pengawet pada makanan yang Anda konsumsi.

* Gangguan pencernaan

Dalam kasus tertentu, seseorang bisa terserang pengawet yang diakibatkan karena sering mengkonsumsi bahan pengawet. Kondisi tersebut diakibatkan karena tubuh akan kekurangan cairan dan dapat menyerang sistem pencernaan.

* Gangguan ginjal

Gangguan pada ginjal dapat mempengaruhi beratnya kinerja ginjal, hal tersebut terjadi karena tubuh terlalu banyak terkena zat kimia.

Itulah penyakit yang akan terjadi, jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet buatan. Bahan pengawet yang berbahaya dapat mengganggu kesehatan tubuh. 

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once