Dewasa ini, bisnis online semakin banyak digemari oleh berbagai kalangan pebisnis. Mulai dari pebisnis yang baru merintis, hingga pebisnis yang sudah puluhan tahun mengembangkan bisnisnya. Sistem online, adalah saluran komunikasi yang tepat untuk menyapa para calon konsumen dan pelanggan Anda.
Dalam sistem online, sebagai pebisnis Anda dituntut untuk bisa memberikan apa yang diinginkan konsumen. Hal-hal yang dapat memberikan pengalaman yang akan terus diingat oleh konsumen Anda. Lalu, seberapa penting pengalaman untuk konsumen? Berikut ini adalah penjelasan untuk pertanyaan tersebut.
Menghadirkan pengalaman yang berkesan untuk konsumen sangat penting, dan akan menjadi mudah jika Anda mengetahui dengan benar hal-hal yang harus dipersiapkan. Langkah pertama adalah dengan melihat bisnis tersebut dari sudut pandang konsumen. Pengalaman adalah tahap utama yang diperlukan untuk menarik minat konsumen. Pada tahap ini, konsumen tidak hanya diberikan iklan menarik atau janji-janji manis saja, tetapi mereka dapat merasakannya sendiri. Lalu, bagaimana cara situs online menawarkan jasa berbagi pengalaman kepada konsumen? Caranya adalah Anda dapat memilih desain dan konsep yang tepat untuk produk yang Anda tawarkan. Anda juga harus bisa memvisualisasikan produk Anda kepada konsumen, dengan cara menciptakan karakter produk Anda. Anda harus membagi konsumen dalam segmen yang tepat, agar upaya Anda berhasil dan tepat sasaran. Anda dapat meninjau ulang konsep hierarki kebutuhan Maslow, di mana semakin naik kebutuhan maka pengalaman yang diberikan juga harus semakin tinggi.
Pengalaman menyenangkan bagi konsumen, adalah aset yang sangat baik untuk keberlangsungan bisnis Anda dalam jangka panjang. Pastikan setiap konsumen memiliki pengalaman menyenangkan ketika berkunjung pada toko atau website Anda. Anda dapat menerjemahkan konsep experience tersebut ke dalam pedoman praktis yang disebut Customers Experience Management atau CEM. Lalu, apakah CEM itu? Nantikan penjelasannya pada artikel berikutnya!