Tempat Wisata Melegenda Di Indonesia Dan Cerita Dibaliknya
27 Nov/2019

Tempat Wisata Melegenda Di Indonesia Dan Cerita Dibaliknya

Indonesia merupakan satu negara yang memiliki banyak budaya dan ribuan pulau. Bukan hanya budayanya yang sangat terkenal dan keindahan-keindahan pulaunya saja, namun Indonesia juga memiliki banyak tempat wisata yang melegenda dan sudah terkenal di manca negara.

Ada beberapa tempat wisata yang melegenda dan memiliki beragam cerita di baliknya. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang melegenda di Indonesia serta cerita di balik tempat wisata tersebut.

1. Candi Prambanan (Yogyakarta)

source by : inews.id
source by : inews.id

Salah satu candi yang ada di kota Yogyakarta ini memiliki kisah di balik berdirinya candi tersebut. Berkisah dari ratu roro jonggrang yang meminta dibuatkan 1000 candi dalam satu malam kepada Bandung bondowoso. Permintaan roro jonggrang di tujukan agar Bandung bondowoso tidak jadi menikahinya, namun pada saat candi hampir selesai, roro jonggrang memukul lesung penumbuk padi agar ayam berkokok. Mendengar ayam berkokok, jin yang membantu bandung bondowoso bergegas meninggalkan tempat candi dan akirnya candi tidak genap 1000. Bandung bondowoso pun akirnya mengutuk ratu roro jonggrang untuk menjadikannya arca dan digunakan agar candi genap 1000.

Cerita tersebut memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, Jika Anda ingin berkunjung ke Candi prambanan. Datang langsung ke Yogya karta, tiket masuk ke candi prambanan sangat murah dan lokasinya juga dekat dengan jalan utama kota yogyakarta. Indonesia memang memiliki candi yangterdappat di berbagai wilayah kususnya di pulau jawa.

2. Gunung Tangkuban Perahu (Jawa Barat)

source by : suara.com
source by : suara.com

Kisah cinta antara Ibu dan Anak memang menyelimuti cerita dibalik tempat wisata yang satu ini. Dayang Sumbi atau ibu dari Sangkuriang memiliki sarat agar Sangkuriang bisa menikahi ibunya sendiri yaitu dayang Sumbi. Dayang Sumbi menyuruh Sangkuriang untuk membuatkannya kapal yang besar dan danau dalam satu malam.

Al hasil permintaan yang diminta oleh dayang Sumbi tidak berhasil dilakukan. Sangkuriang pun marah dan merasa ditipu oleh dayang Sumbi, kapal yang telah di buat oleh Sangkuriang pun langsung di tendangnya dan terbalik menjadi gunung yang besar berbentuk perahu, serta danau yang telah di buatnya kini menjadi kawah yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung di gunung tangkuban perahu.

Gunung ini berada di jawa barat tepatnya 20 kilometer ke arah utara dari kota Bandung. Tangkuban perahu memiliki ketinggian 2.084 meter diatas permukaan laut. Gunung yang masih Aktifsampai saat ini terakir meletus pada tahun 2015. Tangkuban perahu juga memiliki 3 kawah yang warnanya berbeda-beda, Ada kawah ratu, kawah upas, dan kawah domas.

3. Rawa Pening (Jawa Tengah)

source by : wikipedia
source by : wikipedia

Berawal dari kisah seorang anak dan ibu disuatu desa. Ibunya yang bernama Endang sawitri memiliki anak yang bernama Baru Klanthing. Suatu hari, Baru Klanthing menanyakan keberadaan ayahnya kepada Sawitri, Sawitri menjawab bahwa ayah dari Baru Klanthing ialah seorang raja yang saat ini sedang bertapa di goa dekat gunung.

Suatu hari sang anak mendatangi tempat petapaan sang ayah, namun sang ayah tidak mengakui dan tidak mengenali anaknya sendiri. Karena hal itu, Baru klanthing di benci oleh orang-orang yang ada di desa tersebut. Akirnya Baru klanthing mengadakan sayembara, bahwa siapa saja yang bisa mencabut lidi yang sudah ditancapkan Baru Klanthing ke tanah maka akan mendapat imbalan. Semua orang tidak bisa mencabutnya, hanya Baru klanthing lah yang bisa mencabut lidi tersebut. Ketika lidi di cabut oleh Baru klanthing, muncul air yang lama kelamaan semakin deras keluarnya.

Karena lidi tersebut, desa yang awalnya penuh dengan rumah-rumah dan penduduk, akhirnya menjadi danau yang dinamakan danau rawa pening. Rawa ini memiliki luas sekitar 2.670 hektare, berada di kabupaten semarang dan menempati wilayah kecamatan Ambarawa, Tuntang, dan Tanyubiru. Rawa pening berada di cekungan terendah lereng gunung Merbabu. wisata ini sangat cocok untuk Anda yang suka berpetualang menaiki perahu.

Dari ke tiga tempat wisata legenda diatas, mana yang paling sering Anda kunjungi? Masih banyak lagi kisah dan wisata yang ada di tempat-tempat menakjubkan lainnya di Indonesia, karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan pulau, serta dipenuhi kisah dan legenda di dalamnya. Cintai dan lindungi pulau yang ada di Indonesia beserta ekosistem keindahan alamnya agar kelestarian dan keindahan tetap bisa kita nikmati di negara tercinta ini.

Artikel Lainnya

Tempat Aman dan Nyaman Untuk Wanita Solo Traveller

Tempat Aman dan Nyaman Untuk Wanita Solo Traveller

Ladies.. katanya selagi kita muda kita harus menikmati hidup bukan? Setiap orang punya caranya send...

7 Tempat Staycation Menarik di Malang

7 Tempat Staycation Menarik di Malang

Hello para pelancong! 2020 berlangsung dengan sangat menyedihkan, kita ga bisa pergi kemana-mana nih...

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Pernahakah Anda mendengar kata "Skandinavia"? Bagi Anda yang belum tau, Skandinavia adalah daratan d...

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berlibur memang menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan orang-orang terci...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once