Terlalu Lama Terkena Sinar Matahari - Waspadai Resiko Berikut ini
07 Dec/2019

Terlalu Lama Terkena Sinar Matahari - Waspadai Resiko Berikut ini

Matahari merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup yang ada di Bumi. Dibalik manfaat yang diberikan matahari, ternyata jika terlalu lama terkena paparan sinar matahari juga dapat memperburuk kesehatann juga. Bukan hanya membuat kulit terbakar (sunburn) atau menjadi kusam, namun beberapa resiko akan nda dapatkan ketika terlalu lala terpapar sinar matahari. Berikut ini penjelasan tentang penyakit yang diakibatkan karena terlalu lama terkena paparan sinar matahari bagi tubuh.

1. Penglihatan Menurun

Keindahan sinar matahari ternyata menyimpan bahaya yang dapat menyerang fungsi mata Anda. Terlalu lama berada di bawah terik sinar matahari dapat mengganggu penglihatan Anda, terlebih pada usia 40 tahun keatas. Gangguan yang diakibatkan sinar matahari yaitu terjadinya katarak, yang jika dibiarkan akan mengalami kebutaan. Hal ini terjadi karena sistem retina terganggu dan hal buruknya dapat mengganggu penglihatan sampai berujung kebutaan pada mata.

2. Kulit Memerah

Terpaparnya kulit di bawah sinar matahari terlalu lama, bisa mengakibatkan kulit Anda terbakar (sunburn). Kulit akan terasa panas, memerah, bengkak dan bahkan dapat melepuh. Jika ada bagian tubuh yang tidak tertutupi oleh pakaian dan terlalu lama berada langsung dibawah sinar matahari, biasanya akan mengalami belang dan berbeda warna dari kulit yang lain. Kulit menjadi kusam, dan akan memerlukan waktu yang lama dalam proses pengembalian seperti semula.

3. Penuaan dini

Akibat paparan sinar matahari, kulit bisa mengalami penuaan dini. Kulit yang terkena sinar matahari secara langsung akan mengalami kerusakaan dalam sistem elastisan pada kulit. Hal tersebut karena matahari bisa langsung masuk kedalam kulit bagian tengah, dan membuat sel elastin dalam kulit menumpuk. Kejadian ini dapat membuat kulit menjadi berkerut, muncul flek hitam, dan akan terlihat lebih tua.

4. Terkena kanker kulit

Kanker kulit akan muncul karena kulit yang terkena sinar UVB akan mengalami kerusakan pada kekebalan kulit. Sinar UVA juga akan masuk kedalam membran kulit dan merusak DNA pada kulit.

Kerusakan yang terjadi karena rusaknya DNA kulit bisa mengakibatkan muncul penyakit kanker kulit, ditambah dengan bertambahnya usia resiko terkena kanker kulit akan semakin meningkat.

5. Menurunkan sistem imun tubuh

Sinar matahari yang langsung terkena kulit dapat menurunkan kekebalan imun pada tubuh. Hal ini terjadi karena sinar pada matahari akan mengganggu fungsi dari sel darah putih dan dapat menurunkan sistem imun yang ada pada tubuh.

Sinar matahari akan melepaskan bahan kimia aktif yang akan mengganggu fungsi dari kekebalan tubuh dan tubuh akan mudah terserang virus.

Itulah masalah yang akan terjadi jika Anda terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama. Lindungi kulit Anda dengan menggunakan lotion pelindung kulit dari sinar UV yang terdapat pada sinar matahari agar kulit tetap terjaga dan tidak terserang masalah kulit.

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once