Ternyata Makan Rempeyek Bikin Sehat, Lho!
18 Oct/2019

Ternyata Makan Rempeyek Bikin Sehat, Lho!

Rempeyek atau yang lebih kita kenal dengan peyek ini salah satu makanan pelengkap saat kita makan, kita mengenal rempeyek yang memiliki komposisi tepung, telur, dan kacang yang sering dihidangkan dalam kondisi kering dan renyah. Rempeyek pada umumnya  tak hanya memakai kacang tanah tapi juga ada yang memakan kacang hijau, kedelai, dan lainnya.Ternyata, dibalik renyah dan gurihnya rempeyek, terdapat manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut manfaat dan khasiat rempeyek untuk tubuh kita.

 

  • Memperkuat ingatan

Rempeyek dengan kacang tanah mampu meningkatkan kinerja otak serta memperkuat memori otak, kandungan vitamin B3 nya sangat dibutuhkan oleh otak untuk meningkatkan daya ingat pada anak-anak hingga lansia. Menambahkan rempeyek kacang pada saat kita makan efektif untuk pertumbuhan dan memperkuat memori otak.

 

  • Melancarkan gula darah

Satu buah rempeyek kacang tanah memiliki kurang lebih 10-15 butir kacang, setiap butir kacang mengandung zat-zat dan mineral yang bertugas mengontrol lemak dan karbohidrat  pada tubuh serta meregulasi gula darah dan melancarkan predaran darah pada tubuh.

 

  • Mencegah osteoporosis

Rempeyek dengan pelengkap kacang kedelai mampu mencegah osteoporosis, kandungan isoflavon yang berkhasiat untuk memperkuat sistem tulang pada usia dini hingga usia lanjut yang dimana penyerapan kalsium lama-kelamaan akan melemah. Kandungan kalsium pada kedelai hampir setara dengan kalsium yang terkandung dalam susu sapi.

 

  • Melancarkan pencernaan

Tak hanya di sayur dan buah-buahan serat juga ada di kedelai. Mengkonsumsi kedelai rebus atau di goreng akan menjaga serat alami pada kedelai tetap terjaga,  serat alami kedelai mampu merangsang saluran usus agar melancarkan proses pengeluaran kotoran serta menjaga berat badan tetap stabil

 

  • Mencegah penuaan dini

Rempeyek kacang hijau mengandung vitamin A yang tinggi serta senyawa seperti polifenol, zeaxanthin, beta karoten, dan flavonoid mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang berperan dalam penuaan dini.

 

  • Mencegah kanker

Suatu penelitian menyatakan bahwa kacang hijau mampu mencegah kerusakan DNA dalam tubuh, karena kandungan oligosakarida dan polyphenol yang tinggi pada kacang hijau mampu mengurangi resiko kanker.

Meskipunn kandungan minyak goreng pada rempeyek cenderung rendah karena dikeringkan dengan baik, tentu saja Anda harus menjamin bahwa minyak goreng yang digunakan telah terjaga higienisitasnya. Konsumsi lah makanan sehat yang kaya akan serat secara teratur agar pencernaan lebih lancar. Jangan lupa untuk melakukan gaya hidup sehat dengan olahraga dan mengkonsumsi makan-makanan sehat.

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once