Makanan Sehat Yang Baik Untuk Ibu Hamil
18 Oct/2019

Makanan Sehat Yang Baik Untuk Ibu Hamil

 

Saat sedang hamil muda, sebenarnya Anda tidak perlu mengkonsumsi makanan dengan porsi banyak lebih dari yang biasa Anda konsumsi. Anda hanya perlu menambahkan 200-300 kalori dari konsumsi kalori sebelum hamil. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti pisang dan alpukat secukupnya, untuk memenuhi kalori saat mengandung. Kalori pada pisang akan cepat diubah menjadi energi untuk mencegah kelelahan.

 

Tentu penting mencukupi gizi dan nutrisi dari berbagai macam makanan yang berbeda. Seperti makanan yang mengandung kalsium dan protein akan membantu pembentukkan jaringan tubuh dan tulang bayi, zat besi untuk membantu sel darah merah mengirim oksigen ke janin, serta asam folat mencegah terjadinya bayi lahir cacat. Berikut ini makanan dan minuman yang dianjurkan dikonsumsi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

 

Ikan Dan Daging Tanpa Lemak

 

Makanan yang kaya akan protein sangat dibutuhkan dalam pembentukkan janin. Kelompok makanan seperti ikan dan daging sapi tanpa lemak yang kaya protein dan omega 3, akan membantu pembentukkan jaringan saraf dan otak janin serta menjaga mood ibu tetap baik dan ceria. Konsumsi lah daging ikan salmon 250-300 gram dan daging tanpa lemak, serta hindari olahan daging seperti sosis yang mungkin mengandung berbagai bakteri dan parasit berbahaya.

 

Air

 

Meminum air yang cukup akan membantu Anda mencegah bayi lahir prematur. Jika pada orang yang tidak mengandung diwajibkan mengkonsumsi 8 gelas air putih dalam sehari, namun berbeda dengan ibu hamil yang disarankan untuk minum 2,5 liter air atau setara dengan 10 gelas dalam sehari. Anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung kadar air yang tinggi seperti jeruk, apel, semangka dan melon secukupnya, untuk memenuhi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa mengkonsumsi buah dalam bentuk jus jika Anda suka.

 

Susu

 

Susu memang memiliki khasiat yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Susu mengandung banyak protein, karbohidrat, besi, fosfor dan kalsium yang akan membantu pembentukkan tulang pada janin dan memperkuat tulang sang ibu. Olahan susu seperti keju, dan yogurt juga memiliki kandungan yang sama dengan susu yang langsung diminum.

 

Dengan rutin mengkonsumsi makanan tersebut akan dapat membantu sang ibu yang mengandung terhindar dari penyakit-penyakit yang sering menyerang ibu hamil, konsumsi secukupnya dan mengimbangi dengan yoga ringan. Semoga bermanfaat.



Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...