Khasiat Kencur Untuk Mengobati Dan Mencegah Tubuh Dari Penyakit
15 Oct/2019

Khasiat Kencur Untuk Mengobati Dan Mencegah Tubuh Dari Penyakit

Kencur termasuk tanaman obat yang sering dibudidayakan untuk diambil akarnya. Tanaman kencur tumbuh subur di dataran tinggi sekitar gunung di Indonesia, yang memiliki tanah gembur dan hawa yang segar. Kencur memiliki bentuk kecil dengan helaian daun yang jarang dan bunga yang kecil. Tanaman kencur ini siap dipanen saat pertengahan musim penghujan. Kencur memiliki 20 lebih zat seperti :

 

1. Mineral

2. Alkolid

3. Zat Pati

4. Borneol

5. Kamphane

dan zat-zat lainnya yang dibutuhkan untuk melawan berbagai virus dan racun  pada tubuh. Senyawa methanol yang terkandung dalam kencur memiliki khasiat untuk melawan cacing parasit penyebab penyakit toksokariasis, serta mampu mencegah mata dan saraf dari bakteri pembawa penyakit. Kencur memiliki sejuta manfaat untuk mengobati dan mencegah penyakit pada tubuh, berikut ini khasiat dari kencur untuk obat dari berbagai penyakit :

 

  • Meredakan Diare

Diare biasa diakibatkan karena makanan yang Anda makan tidak higienis atau kotor yang akan mengganggu sistem buang air besar yang terus menerus. Kandungan yang ada pada kencur memiliki manfaat untuk membunuh bakteri penyebab diare dari luar dan dari dalam dengan cara mengambil beberapa kencur dan bilas dengan air bersih, setelah kencur bersih lalu parut hingga halus, jika sudah halus tambahkan air hangat dan saring hingga tersisa airnya, setelah itu oleskan ramuan tersebut ke bagian perut. Lakukan secara teratur hingga diare sembuh.

 

  • Mengobati Batuk

Kencur memiliki kandungan yang hampir sama dengan jahe, yang mampu meredakan gatal dan dahak pada tenggorokkan, serta melancarkan pernafasan. Dengan menumbuk 2 kencur sebesar ibu jari lalu menyeduhnya dengan air hangat lalu sisihkan ampasnya dan minum air perasan kencurnya selagi hangat. Minum secara rutin untuk meredakan batuk berdahak.

 

  • Meningkatkan Nafsu Makan 

Kencur sering diolah dengan campuran beras yang akan menambahkan khasiat dari kencur. Kandungan vitamin B pada kencur yang dicampur beras akan memberikan rasa kenyang yang lama dan menstimulasi munculnya rasa lapar, sehingga akan berguna untuk meningkatkan nafsu makan.

 

  • Menghilangkan Darah Kotor

Kencur memiliki kandungan senyawa yang dipercaya mampu membersihkan darah kotor, dengan merebus 4 ruas kencur, 2 biji cengkeh, beberapa daun trengguli, dan adas secukupnya dengan air kurang lebih satu liter. Ambil air rebusannya selagi hangat lalu minum dua kali sehari secara teratur

Kencur sangat bermanfaat untuk tubuh Anda, jadi tidak ada salahnya mengkonsumsi minuman yang mengandung kencur seperti jamu-jamu tradisional yang dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit agar hidup lebih sehat dan berwarna.



Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once