Asam Jawa, Buah Asam Dengan Sejuta Manfaat
15 Oct/2019

Asam Jawa, Buah Asam Dengan Sejuta Manfaat

Asam jawa sering dijadikan bahan untuk memasak sayur asem dan untuk campuran jamu kunyit. Pohonnya tumbuh subur di berbagai daerah di indonesia. Setiap bulan pohonnya menghasilkan puluhan buah asam jawa yang jika sudah matang bisa langsung dimakan ataupun diolah untuk dijadikan bahan minuman dan masakan yang menyegarkan. Selain dikonsumsi, daging buah asam jawa sering digunakan untuk membersihkan serta memperkilat peralatan yang terbuat dari kuningan dan tembaga. Tak hanya itu asam jawa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Asam jawa dipercaya mampu menyembuhkan penyakit seperti :

 

  • Mata Kering

Dengan bertambahnya usia, mata akan mengurangi produksi cairan mata yang berakibat mata kering pada lansia, para peneliti mengatakan bahwa daging buah asam jawa mengandung bahan kimia yang mirip mucin yang ada di mata, yang dimana protein mucin tersebut akan melapisi dan menjaga permukaan mata dan membasahi kornea mata untuk mencegah mata kering. Dengan menggunakan ekstrak asam jawa untuk obat tetes mata dengan rutin memakainya maka Anda akan terhindar dari mata kering.

  • Diabetes

Peneliti menemukan bahwa ekstrak asam jawa diduga mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, serta manfaat lain dari ekstrak asam jawa adalah berfungsi seperti antioksidan yang mampu mencegah beberapa kerusakan pada ginjal karena diabetes. Asam jawa juga akan mencegah penyakit lainnya yang menyerang ginjal.

  • Obat Bisul

Senyawa pada asam jawa memiliki khasiat untuk mencegah dan menyembuhkan bisul. Anda bisa mengambil beberapa buah asam jawa yang sudah matang lalu rendam dalam air hangat hingga buah asam jawa mengembang. Jika sudah mengembang, tambahkan gula aren dan irisan temulawak lalu rebus beberapa menit lalu minum selagi hangat. Minum ramuan tersebut dengan teratur setiap hari untuk mencegah serta mengobati penyakit bisul.

  • Pereda Gatal Saat Luka

Saat luka pada tubuh akan sembuh maka di sekitar luka akan terasa gatal yang mengganggu. Nah untuk mengobati gatal akibat bekas luka Anda bisa memanfaatkan asam jawa untuk meredakan gatalnya, dengan menyeduh buah asam jawa dengan air hangat lalu mengoleskannya ke area yang gatal akibat bekas luka.

Itulah beberapa manfaat asam jawa untuk menjaga dan mengobati dari berbagai penyakit yang mengganggu aktifitas kita nantinya, semoga bermanfaat dan sehat selalu.



Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...