Makanan Sehat Yang Cocok Untuk Penderita Kolesterol
17 Oct/2019

Makanan Sehat Yang Cocok Untuk Penderita Kolesterol

Mengkonsumsi makanan sehat mampu mencegah tubuh dari serangan penyakit, seperti gula darah atau kolesterol. Penyakit kolesterol tak hanya menyerang usia tua saja, tetapi akhir-akhir ini sudah banyak anak muda yang telah terserang kolesterol. Salah satu penyebab utamanya adalah pola makan yang kurang sehat. Pola makan yang kurang sehat akan menimbulkan berbagai penyakit bagi tubuh Anda. Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, ayam goreng, dan sebagainya, ada baiknya untuk perlahan mengurangi konsumsi makanan cepat saji. Mengkonsumsi makanan cepat saji yang kaya akan lemak dan minim gizi hanya akan menimbulkan penyakit stroke dan kolesterol. Jika Anda sudah terlanjur menderita kolesterol, maka Anda harus mulai mengkonsumsi makanan sehat guna mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh, berikut adalah makanan sehat yang pas untuk Anda konsumsi.

 

Buah Alpukat

Buah yang satu ini kaya akan kandungan gizi dan vitamin, serta memiliki lemak tak jenuh yang cukup banyak. Biasakan mengkonsumsi buah alpukat langsung tanpa harus dijadikan sebagai jus, dan ditambah susu dan gula. Penderita kolesterol harus membatasi asupan lemak jenuh sebesar 20-30 gram. Mengkonsumsi buah alpukat secara teratur agar kolesterol berangsur-angsur berkurang.

 

Kacang Kedelai

Kedelai memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan serat, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, C dan protein. Mengkonsumsi kedelai yang kaya akan kandungan protein pada kacang kedelai mampu mengurangi kurang lebih kolesterol Anda, mengkonsumsi 0,5 ons kacang kedelai dipercaya mampu menghilangkan 7% kolesterol dalam tubuh. Konsumsilah kedelai yang rebus, ataupun olahan kacang kedelai lain seperti tempe dan tahu secara rutin, untuk membantu meringankan serta mengurangi kolesterol.

 

Ikan Salmon

Ikan salmon yang kaya akan omega 3 mampu menurunkan tekanan darah. Omega 3 mampu mencegah terjadinya pembekuan darah yang akan menyebabkan detak jantung yang tidak teratur. Tak hanya salmon tapi ikan-ikan yang mengandung omega 3 seperti sarden ,makarel dan tuna juga bisa dikonsumsi untuk mencegah terjadinya pembekuan darah akibat kolesterol.

 

Buah dan Sayuran Segar

Sudah tidak diragukan lagi manfaat dari kedua makanan ini. Sayur dan buah segar, kaya akan kandungan serat dan tidak mengandung lemak jenuh yang baik bagi tubuh. kandungan serat dan lemak tak jenuh yang tinggi, membuat rasa kenyang lebih lama akan mengurangi kemungkinan mengkonsumsi makanan dengan lemak jenuh yang akan menyebabkan kolesterol. Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran seperti pir, apel, brokoli, stroberi, terong dan ubi mampu menurunkan kolesterol.

 

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi secara rutin agar terhindar dari kolesterol jahat. Lakukan gaya hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, serta tidak lupa juga rutin berolahraga.

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once