Alergi Serbuk Sari
19 Dec/2019

Alergi Serbuk Sari

Alergi serbuk sari adalah alergi yang langka dan jarang dialami oleh kebanyakan orang. Kebanyakan orang akan alergi dengan makanan laut atau bahkan bulu anjing maupun kucing, namun apa jadinya jika alergi dengan serbuk sari dari bunga? Orang dengan alergi ini akan mengalami bersin-bersin dengan terus menerus pada saat mencium bunga atau menghirup serbuk sari. Nah berikut ini adalah penyebab serta cara menangkalnya.

Penyebab terjadinya alergi

Penyebabnya sendiri biasanya pada saat musim penghujan, yang akan membuat daya tahan tubuh berkurang serta pada musim itu juga bunga-bunga di pinggir jalan dan taman-taman bermekaran yang membuat serbuk sarinya seringkali terbang melalui udara. Jika terlalu dekartdengan bunga maka akan membuat penderita alergi serbuk sari ini akan bersin-bersin dan bahkan akan sesak nafas. 

Tips menghindari alergi

Sebenarnya untuk menghindarinya cukup mudah dan tidak sulit, karena Anda hanya diharuskan untuk menggunakan masker dan menghindari bunga-bunga yang menjadi alergi Anda. Berikut ini adalah tips menghindari alergi dengan serbuk sari.

Ganti filter mobil Anda

Filter udara pada mobil yang lama tidak diganti pastinya akan menumpuk dengan debu dan kotoran. Tidak hanya itu, pasti ada beberapa serbuk sari yang menempel dan memicu alergi Anda dengan serbuk sari. Solusinya adalah ganti filter dengan rutin dan jangan sampai terlalu lama menggantinya.

Ganti pakaian Anda saat sampai rumah

Tidak hanya perlu memperhatikan filter pada mobil saja, tetapi mengganti baju setelah dari luar ruangan memang perlu untuk menangkal alergi Anda dengan serbuk sari kambu lagi. juga harus selalu mengganti pakaian serta mencopot sepatu ketika sampai di rumah dan langsung mandi. Hal ini untuk mencegah serbuk sari yang mungkin menempel di baju Anda.

Lakukan olahraga di luar ruangan saat senja

Pada dasarnya bunga akan mekar pada pagi hari hingga siang hari, hal ini yang akan membuat alergi Anda kambuh. Solusinya adalah dengan olahraga pada saat senja atau sore hari karena bunga-bunga sedang menguncup dan layu. 

 

Bagaimana? Cukup mudah bukan menghindari dan mengatasi alergi serbuk sari ini. Anda bisa menangkalnya juga dengan cara mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur serta olahraga teratur agar tubuh bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Artikel Lainnya

Covid Masih Belum Berakhir, ini Tips Supaya Kamu Tetap Stay Safe di Mana Pun

Covid Masih Belum Berakhir, ini Tips Supaya Kamu Tetap Stay Safe di Mana Pun

Memasuki Tahun Baru 2021, Kasus Virus Corona atau yang dikenal dengan Covid-19 belum juga menemukan ...

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari adalah salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Anda tidak perlu mengeluarkan ...

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Siapa yang tidak suka dengan ayam goreng? Hampir semua orang mulai dari anak kecil hingga orang dewa...

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Musim penghujan telah tiba, banyak yang menunggunya karena akan menyuburkan tanaman di perkebunan. N...