Daftar Makanan Yang Kaya Akan Kandungan Vitamin B
19 Dec/2019

Daftar Makanan Yang Kaya Akan Kandungan Vitamin B

Vitamin B merupakan vitamin yang lebih banyak dibutuhkan oleh anak-anak. Peran vitamin B dalam perkembangan anak sangat penting dalam menjaga sistem perkembangan anak, selera makan, dan organ-organ dalam. Kekurangan vitamin B akan menyebabkan dampak buruk bagi pertumbuhan anak. Oleh karena itu, dibutuhkan asupan vitamin B terutama dalam asupan makanan sehari-hari.

Sumber vitamin B yang bisa diperoleh dari asupan makanan sehari-hari sangat mudah dijumpai dan terdapat pada makanan sehari-hari. Namun Anda harus mengetahui makanan apa saja yang mengandung banyak vitamin B. Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang tinggi vitamin B.

1. Daging

Daging merupakan makanan yang banyak mengandung vitamin B1 dan bagus untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin B untuk anak. Daging bisa dikonsumsi sebagai asupan makanan sehari-hari agar asupan vitamin B pada anak terpenuhi. Dalam memasak daging, sebaiknya dengan cara dikukus, direbus, atau di anggang.

Kurangi memasak daging dengan cara digoreng karena akan mengurangi vitamin B yang terdapat pada daging tersebut. Jangan memasak daging terlalu lama, karena bisa menghilangkan kandungan baik yang ada pada daging tersebut.

2. Olahan Susu

 

Susu merupakan asupan yang kaya akan vitamin. Kandungan yang ada pada susu memang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak-anak. Vitamin B pada susu sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin pada anak.

Satu gelas susu pada pagi hari sangat baik untuk menjaga kesehatan anak. Namun jika membuat susu, usahakan untuk tidak menambahkan gula atau tidak menambahkannya terlalu banyak. Olahan susu seperti yogurt, keju, dan  sejenisnya juga memiliki kandungan vitamin B yang dibutuhkan anak. 

3. Buah dan sayuran

 

Buah dan sayuran merupakan makanan yang kaya akan vitamin seperti vitamin B.  Kebanyakan anak memang tidak menyukai makan sayuran, namun itu adalah tantangan bagi Anda, untuk lebih keative dalam mengolah sayuran agar anak-anak bisa menyukainya. 

Anda bisa mengolahnya dengan cara yang bervariasi, bisa dengan cara membuatnya menjadi camilan yang mungkin anak-anak sukai. Sumber vitamin B pada buah dan sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh.

4. Kacang-kacangan

 

Kacang-kacangan memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin B yang terkandung dalam kacang-kacangan merupakan asupan yang baik untuk dikonsumsi seperti kacang kedelai atau olahan seperti susu kedelai. Konsumsi kacang bisa membuat tubuh lebih sehat dan memperkuat organ dalam seperti jantung dan sel saraf lainnya.

Itulah beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin B yang bisa digunakan untuk asupan makanan sehari-hari demi memenuhi kebutuhan vitamin pada tubuh. Olahan makanan di atas bisa Anda pilih salah satu atau setiap hari bisa berbeda-beda agar tidak bosan. Hindari memasak dengan cara digoreng menggunakan minyak karena dapat menurangi gizi dan food kandungan vitamin yang terdapat di dalamnya.

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once