Gejala dan Penyebab Gangguan Bipolar
16 Jan/2020

Gejala dan Penyebab Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar merupakan gangguan mental yang menyebabkan seseorang akan mengalami perubahan emosi secara drastis. Gangguan bipolar bisa jadi menyerang siapa saja dan memiliki gejala seperti perasaan emosi yang berubah-ubah secara drastis. Pengidap gangguan bipolar akan merassakan kesenangan yang berlebih namun seketika akan berubah menjadi rasa sedih yang sangat menyedihkan. Bukan hanya itu saja, pengidap gangguan bipolar akan merasakan perasaan dari percaya diri menjadi pesimis, dari bersemangat menjadi sangat malas. 

Penyebab

Gangguan bipolar bisa terjadi akibat gangguan dari senyawa alami yang melindungi fungsi otak. Namun saat ini belum ada kepastian penyebab terjadinya gangguan bipolar tersebut. Dugaan sementara, gangguan bipolar dipicu dari beberapa faktor seperti genetik, sosial, lingkungan, dan fisik. 

1. Gangguan pada otak :
Otak memiliki senyawa kimia yang mengatur mood dan perubahan fisik. Jika senyawa yang mengatur suasana hati pada otak berubah, maka kondisi mood bisa saja berubah secara mendadak.

2. Genetik :
Seperti penyakit darah tinggi atau gula darah, resiko terkena penyakit bipolar bisa saja terjadi akibat penurunan genetik yang diturunkan dari orang tua Anda. Jika orang tua Anda memiliki gangguan bipolar, penyakit tersebut bisa saja diturunkan pada diri Anda. 

3. Pengaruh lingkungan : 
Gangguan bipolar juga bisa terjadi akibat pengaruh lingkungan tempat Anda berada. Lingkungan yang mungkin menjadikan Anda trauma dengan tragedi yang sangat tragis, bisa mempengaruhi senyawa yang menjaga mood pada otak. 

Faktor Penyebab Anda Bisa Terkena Gangguan Bipolar

Bukan hanya faktor keturunan saja, gangguan bipolar bisa menyerang Anda dengan beberapa faktor yang bisa saja Anda alami. Gangguan bipolar menyerang seseorang yang memang pada saat itu memiliki tingkat tekanan yang sangat kuat. Anda bisa terkena gangguan bipolar secara tiba-tiba jika terjadi tingkat tekanan stress yang sangat kuat, konsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang secara berlebihan, dan mengalami gangguan mental atau perasaan sedih yang sangat dalam seperti kehilangan orang yang Anda sayang. 

Cara Mengobati Gangguan Bipolar

Jika Anda terkena gangguan bipolar, Anda bisa melakukan pengobatan secara rutin. Kurangi kegiatan yang bisa membuat mood Anda menjadi berubah-ubah. Jangan sering memikirkan sesuatu yang dapat merubah pikiran awal Anda. Anda bisa melakukan pengobatan sebagai berikut.

1. Terapi obat.
Anda bisa pergi ke dokter spesialis untuk mendapatkan terapi obat. Obat yang Anda butuhkan mungkin memiliki efek jangka yang cukup lama karena berfungsi sebagai penjaga agar tidak terjadi tingkat depresi yang lebih parah lagi. Anda akan diberi obat yang bisa menenangkan agar Anda bisa lebih tenang dan tidak memikirkan sesuatu yang bisa merubah mood Anda.

2. Konseling. 
Anda bisa mencari komunitas yang sepaham dengan kondisi Anda. Dengan bergabung dalam komunitas ini, Anda bisa berbagi cerita dan mendapatkan bimbingan untuk mengatasi permasalahan yang sedang Anda alami. Berbicara tentang apa yang Anda alami dan Anda bisa mendapatkan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

3. Pengurangan zat tertentu.
Jika bipolar terjadi akibat zat tertentu yang Anda konsumsi, sangat dianjurkan untuk Anda mengurangi zat tersebut. Seperti contoh Anda mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol atau konsumsi obat-obatan terlarang. Anda harus mengurangi dan berhenti untuk mengkonsumsi zat tersebut agar kondisi senyawa pada otak Anda bisa kembali normal lagi.

Anda juga bisa mengobati gangguan bipolar di rumah dengan merubah pola hidup Anda dengan pola hidup sehat, mengurangi konsumsi alkohol, hindari kegiatan yang tidak menyenangkan, tidur yang cukup, dan lakukan kegiatan fisik yang bisa mengalihkan pemikiran buruk Anda.

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once