Dana Darurat? Seberapa Penting untuk Disiapkan?
29 Jan/2020

Dana Darurat? Seberapa Penting untuk Disiapkan?

Dana darurat memiliki fungsi sebagai dana yang digunakan di awal atau biasa disebut dengan bumper dana. Para perencana keuangan menjelaskan bahwa dana darurat adalah dana yang harus di siapkan di awal sebelum dana tujuan atau dana perencanaan. Dana darurat umumnya disiapkan sebelum pada 4 sampai 12 bulan perencanaan awal. 

Jika seseorang yang masih sendiri, dana darurat bisa saja dikeluarkan sekitar 4-6 bulan pengeluaran. Jika Anda sudah berkeluarga, dana darurat dikeluarkan 4-12 bulan pengeluaran. Tahapan awal dana darurat bisa dilakukan dengan cara memotong uang bulanan dan tidak membeli barang atau mengeluarkan dana yang tidak perlu, seperti membeli barang yang hanya sebatas keinginan namun tidak diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Anda juga harus realistis dalam mengatur dana darurat, berapa jumlah yang disimpan dan dimana tempat menyimpannya. 

Persiapan Dana Darurat

Setiap orang memiliki keinginan dan pendapat tentang tempat yang bisa dijadikan penyimpanan dana darurat. Produk manakah yang bisa dijadikan tempat persiapan dana darurat? Dana darurat harus disimpan dalam produk-produk keuangan yang aman, mudah diambil (likuid), dan tidak bersifat spekulatif. Anda bisa menyimpan dana darurat di tabungan, deposito, reksadana, dan pasar uang.

Monitoring Dana Darurat

Memonitoring dana darurat setiap bulan juga harus Anda lakukan agar bisa mengetahui berkurangnya atau bertambahnya dana darurat pada setiap bulan. Jika kebutuhan bulanan mengalami inflasi atau kenaikan harga pada kebutuhan bulanan, Anda harus melakukan sesuatu agar dana darurat yang Anda simpan tetap stabil. 

Jika hal tersebut terjadi, Anda harus cepat mengambil keputusan kepada dana darurat Anda. Bisa menambah jumlah dana darurat bulanan Anda atau bisa mencari produk-produk yang memberikan imbalan yang lebih besar.

Pandangan Lain Tentang Dana Darurat

Dana darurat sering kali mengalami kekurangan apabila sewaktu-waktu mengalami pengeluaran yang cukup besar. Namun jika Anda pintar dalam mengolah keuangan bulanan, Anda bisa mengatasi itu semua.

Dana darurat dibagi menjadi 3 cara dan tujuan yaitu Anda harus menentukan tujuan dan target dana darurat yang Anda keluarkan, mempersiapkan dana darurat bulanan Anda, dan memonitoring dana darurat bulanan agar tetap stabil dan tidak berkurang. 

Artikel Lainnya

Jenis Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Jenis Investasi Yang Tepat Bagi Pemula

Memiliki uang dan investasi di masa tua memang menjadi salah satu impian banyak orang. Namun sebagai...

Jauhi kredit! Apa Alasannya?

Jauhi kredit! Apa Alasannya?

Kartu kredit saat ini memang menjadi salah satu komponen yang mempermudah sistem pembayaran di era s...

Ingin Menggunakan Kartu Kredit? Cermati Kelebihan dan Kekurangannya

Ingin Menggunakan Kartu Kredit? Cermati Kelebihan dan Kekurangannya

Jika Anda adalah orang yang suka berbelanja di pasar swalayan untuk memnuhi kebutuhan harian atau ha...

Hati-hati Penipuan Berkedok Investasi

Hati-hati Penipuan Berkedok Investasi

Siapa yang tidak ingin memiliki tabungan pada saat hari tua nanti? Yup, hampir semua orang mengingnk...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once