Salad Buah VS Salad Sayur - Mana yang Lebih Sehat?
07 Jan/2020

Salad Buah VS Salad Sayur - Mana yang Lebih Sehat?

Salad merupakan olahan yang terbuat dari sayuran atau juga bisa menggunakan buah dan dicampur menggunakan saus yang terbuat dari mayonise atau minyak zaitun. Makanan tersebut dibuat untuk pola hidup sehat seperti Anda yang ingin menjalankan diet agar sehat bisa memilih untuk menkonsumsi salad setiap hari. 

Salat memiliki dua jenis seperti salad buah dan salad sayur. Kandungan dari buah dan sayur memang memiliki kandungan yang berbeda. Jika Anda merupakan orang tidak menyukai sayuran tertentu, salad buah merupakan salah satu pilihan tepat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Berikut ini manfaat dari salad buah dan salad sayur yang bisa Anda pilih untuk di konsumsi sehari-hari.

Salad buah


 

Tubuh kita memerlukan sumber vitamin dan mineral yang didapatkan melalui asupan makanan sehari-hari. Dengan mengkonsumsi buah-buahan, tubuh akan menerima mineral dan vitamin yang terkandung kedalam buah-buahan tersebut. Tidak hanya satu jenis buah yang bisa Anda makan setiap hari, mulai dari vitamin C, Vitamin A, dan Vitamin lainnya jugaa perlu Anda konsumsi setiap harinya. 

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk membeli semua jenis buah secara bersamaan, Anda bisa mencoba untuk membeli salad buah yang dimana memang terdapat macam-macam buah yang ada pada satu kemasan sajian. Manfaat salad buah bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi seporsi salad buah adalah sebagai berikut :

1. Pencegah kanker

Radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh Anda bisa mengakibatkan munculnya sel kanker. Radikal bebas yang diabaikan, lama-kelamaan akan menumpuk dan akan memicu timbulnya sel kanker. Kandungan anti oksidan pada buah bisa menangkal radikal bebas yang bisa menyerang tubuh Anda.

2. Memenuhi Kebutuhan Mineral dan Vitamin

Seperti yang telah dijelaskan diatas, mengkonsumsi buah-buahan bisa mencukupi mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah yang ada pada satu bungkus salad buah, memiliki jenis buah yang berbeda-beda. Setiap buah mengandung mineral serta vitamin yang berbeda-beda. Dengan mengkonsumsi satu porsi salad buah, Anda sudah memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya. Mineral dan vitamin berfungsi untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan merawat organ bagian dalam tubuh seperti jantung, paru-paru, dan hati.

3. Mengurangi kalori

Kalori pada tubuh bisa membuat Anda menjadi obesitas dan kelebihan berat badan. Bagi Anda para ibu-ibu atau remaja yang ingin memiliki berat badan yang ideal, mengkonsumsi secara rutin salad buah bisa menjadi cara agar berat badan menjadi ideal. Kandungan serat yang ada pada buah bisa mengurangi kalori sehingga berat badan Anda akan kembali ideal.

Saat ini banyak salad buah yang mencampur sajian salad mereka dengan susu atau krimer. Disarankan untuk tidak mencampurkan susu atau krimer pada salad buah Anda, agar tidak merusak nutrisi di dalamnya. Mungkin Anda juga bisa mengantikannya dengan madu, dan jika tetap ingin mencampurkannya dengan susu, diharapkan tidak terlalu banyak

Salad sayur

 



Salad sayur merupakan makanan yang disukai para vegetarian. Karena rasanya yang aneh, salad sayur tidak disukai sebagian orang. Namun bagi para vegetarian, salad sayur merupakan makanan yang sangat enak dan lezat. Mencampur berbagai jenis sayuran dengan minyak zaitun atau mayonaise, merupakan cara untuk membuat makanan yang kaya akan serat dan protein ini. Anda juga bisa menaburkan biji wijen pada mangkuk salad Anda.

Bagi Anda yang ingin diet dengan mengkonsumsi salad sayur, dianjurkan untuk tidak mencamput saus tomat ke dalam sayuran, agar tidak mengurangi manfaat yang ada pada sayur tersebut. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi seporsi salad sayur adalah sebagai berikut: 

1. Mencegah sembelit

Sembelit merupakan penyakit yang diakibatkan karena konsumsi makanan yang tidak sehat atau nutrisinya tidak memenuhi kebutuhan tubuh. Mengatasi sembelit bisa Anda lakukan salah satunya dengan cara mengkonsumsi salad buah setiap hari karena bisa membuat pergerakan usus menjadi lancar dan memudahkan Anda buang air besar.

2. Menjaga jantung

Mengkonsumsi salad sayuran bisa membuat jantung Anda sehat. Nutrisi yang ada pada salad sayuran sangat membantu untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

3. Memaksimalkan penglihatan mata

Salad buah merupakan makanan yang terbuat dari berbagai macam sayuran. Sebagian orang akan suka jika mencampurkan wortel yang digunakan untuk membuat salad sayuran. Wortel tersebut, berguna untuk menjaga kesehatan mata dan memperkuat penglihatan mata Anda.

 

Jenis salad buah atau salad sayur yang Anda pilih, bisa memberikan manfaat bagi tubuh Anda selama dikonsumsi dalam keadaan segar dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jadi, manakah yang akan Anda pilih?

Artikel Lainnya

Makanan Mewah Yang Bisa Dimasak Anak Kos Dengan Menggunakan Rice Cooker

Makanan Mewah Yang Bisa Dimasak Anak Kos Dengan Menggunakan Rice Cooker

Bagi seorang anak kost, tentunya kita ingin untuk bisa memasak makanan yang enak dan sehat. Tidak me...

Makanan Korea Ini Mirip Banget Sama Makanan Indonesia

Makanan Korea Ini Mirip Banget Sama Makanan Indonesia

Berkat arus globalisasi di abad 20-an ini, membuat semua negara-negara lebih dekat dari media-median...

Tips Membuat Corn Dog Ala Nenek Seo Dal-Mi Start Up

Tips Membuat Corn Dog Ala Nenek Seo Dal-Mi Start Up

Hayo siapa di sini yang sudah nonton drama Korea ter-hits 2020? Apalagi kalau bukan drama Korea "Sta...

5 Kreasi 'Durian' Jadi Makanan Khas Kota-Kota di Indonesia

5 Kreasi 'Durian' Jadi Makanan Khas Kota-Kota di Indonesia

Hai Sobat Kulineran!Passionkita dalam mencicipi segala jenis makanan kayaknya ga perlu d...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once