Mengenal Detoksifikasi dan Manfaat untuk Tubuh
14 Jan/2020

Mengenal Detoksifikasi dan Manfaat untuk Tubuh

Detoksifikasi merupakan cara atau proses yang dilakukan untuk membuang racun yang ada didalam tubuh. Ketika Anda terkena bisa atau keracunan alkohol, Anda bisa melakukan detoksifikasi agar racun yang ada pada tubuh Anda bisa keluar.  Namun saat ini juga banyak yang menggunakan detoks untuk tujuan diet tubuh. 

Diet detoks dilakukan untuk membuat tubuh sehat dan ideal. Beberapa orang akan mengalami efek samping detoks diet seperti mual dan pusing, namun itu merupakan efek yang memang akan ada ketika Anda melakukan diet detoks. Pada saat Anda merasa mual dan pusing, hal itu merupakan proses penyembuhan yang nantinya racun akan dikeluarkan. Jika Anda sedang melakukan diet detoks, Anda juga akan merasakan efek yang akan terjadi pada saat Anda melakukan detoks. Namun jika sudah sering melakukan detoks, Anda akan sedikit merasakan efek yang ditimbulkan.

Efek lain dari detoksifikasi yaitu warna urin yang lebih keruh dan baunya lebih menyengat. Kotoran yang Anda keluarkan juga akan mengalami perubahan karena kotoran keluar dari bagian paling dalam disertai dengan perubahan warna dan lendir.

Bagaimana diet detoks dilakukan? Diet detoks dilakukan dengan waktu 7 hari, 14 hari, atau sampai 40 hari. Pada saat itu, Anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak atau makanan yang tidak sehat. Pada saat melakukan diet detoks, Anda dianjurkan hanya mengkonsumsi buah dan sayur saja. Detoksifikasi memiliki tiga jenis yaitu detoks untuk orang yang mengalami keracunan, detoks untuk metabolisme tubuh, dan detoks untuk orang yang kebanyakan minum alkohol. 

Keracunan alkohol

Ketika Anda datang ke tempat-tempat club malam yang menyediakan minuman beralkohol, Anda akan melihat orang yang kelebihan meminum alkohol mengalami muntah. Hal tersebut merupakan detoksifikasi tubuh secara otomatis untuk memaksa tubuh untuk mengeluarkan kadar alkohol yang masuk.

Jika tubuh mengeluarkan alkohol yang masuk dalam tubuh, cairan pada tubuh juga akan ikut keluar. Jika hal tersebut terlalu lama, maka cairan pada tubuh akan kering. Dibutuhkan tambahan cairan elektrolit yang akan dimasukkan kedalam tubuh agar cairan pada tubuh tidak berkurang serta mengeluarkan alkohol yang ada pada liver. 

Keracunan makanan atau terkena bisa ular

Jika Anda mengalami keracunan makanan, segeralah pergi ke dokter gar bisa mendapatkan penanganan secara tepat. Penanganan awal yang bisa dilakukan untuk menetralisir racun yang sudah masuk dalam tubuh Anda yaitu bisa dengan cara meminum air kelapa muda. Air kelapa muda berfungsi untuk menetralkan kandungan racun yang masuk dalam tubuh agar tidak menyebar dan masuk kedalam jaringan tuubuh lainnya.

Namun jika Anda mengalami keracunan akibat gigitan ular, Anda harus langsung pergi ke dokter agar bisa diberikan penangkalnya. Dokter akan memberikan Anda suntikan penisilis kristal sebanyak 2 juta unit secara intramuskular. Terkadang Anda juga akan mengalami rasa takut karena mengingat bisa ular yang sangat beracun maka dokter akan memberikan Anda analgesik dan obat sedasi untuk mengurangi rasa takut. Pemberian serum juga sangat bermanfaat karena bisa ular mengandung protein dan sifatnya adalah antigenik sehingga bisa dibuat dari serum kuda.

Detoksifikasi metabolisme tubuh

Detoksifikasi ini merupakan detoks untuk tubuh agar racun serta kandungan yang tidak seha dalam tubuh bisa keluar. Anda bisa mengkonsumsi makanan seperti sayuran atau buah-buahan agar usus, liver serta organ dalam pada tubuh bisa mengeluarkan kandungan tak sehat yang bersarang. 

Anda bisa mengkonsumsi buah alpukat untuk detoksifikasi liver, mengkonsumsi daun ketumbar untuk detoksifikasi merkuri, dan untuk bagian usus bisa mengkonsumsi sayuran serta aloevera agar usus bisa sehat dan bersih.

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once