Melihat Kandungan Gizi Serta Nutrisi Pada Kerang
02 Jan/2020

Melihat Kandungan Gizi Serta Nutrisi Pada Kerang

Kerang merupakan hewan laut yang memiliki cangkang kerass sebagai pertahanan. Dibalik cangkang yang keras, hewan laut ini memiliki cita rasa yang nikmat. Banyak tempat makan atau restoran yang menyediakan menu seafood kerang. Kerang memang memiliki cita rasa yang sangat istimewa, terlebih jika cara memasaknya yang sangat pas. 

Selain memiliki rasa yang sangat enak, kerang juga mengandung berbagai kandungan gizi serta nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain mengandung protein dan kalori, terdapat beberapa manfaat yang terkandung dalam kerang. Berikut ini kandungan gizi serta nutrisi pada kerang.

Kandungan Nutrisi Kerang

Kerang memiliki banyak jenis, biasanya untuk kerang yang sering diolah yaitu kerang dara dan kerang hijau. Selain memiliki rasa yang khas, kerang dara dan kerang hijau memiliki kandungan nutrisi yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, kerang harus di masak secara benar dan matang sempurna. 

kandungan nutrisi :

- Kalori dan Lemak
- Protein
- Asam Lemak Omega-3
- Vitamin A
- Vitamin B12
- Vitamin C
- Zat Besi
- Kalsium
- Kalium
- Mangan
- Selenium

Manfaat Mengkonsumsi Kerang

Cangkang kerang memiliki fungsi sebagai pelindung. Bukan pelindung untuk tubuh manusia, melainkan pelindung untuk protein dan gizi yang ada pada kandungan isi kerang tersebut. Beberapa manfaat mengkonsumsi kerang :

1. Menjaga Fungsi Sistem Saraf

Saraf manusia berfungsi sebagai pengontrol sistem keseimbangan tubuh. Saraf memerlukan sumber Vitamin B kompleks seperti Vitamin B12. Salah satu Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu Vitamin B12 tersebut terkandung dalam kerang. 

Tubuh memerlukan Vitamin B12 sebagai pengontrol kerja saraf. Jika saraf kekurangan Vitamin B12, maka akan menurunkan fungsi otak yang dimana otak sebagai sistem terpenting yang ada pada tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi kerang, Anda akan memperoleh Vitamin B12 yang berguna untuk menjaga fungsi kerja otak.

2. Merawat Otot

Sumber protein merupakan kandungan yang baik untuk menjaga otot agar tetap sehat. Protein yang ada pada kerang berguna sebagai pembentukan otot serta merawat otot. 

Jika Anda sering mengalami nyeri pada persendian, protein yang ada pada kerang bisa Anda gunakan sebagai pemulihan otot Anda yang nyeri. Kerang bahkan mengandung protein yang lebih tinggi dibanding daging sapi dan ayam. Protein yang terkandung dalam kerang lebih baik di konsumsi dari pada daging ayam dan sapi karena mengandung lebih sedikit lemak dan kalori.

3. Sehat untuk Jantung

Kandungan Omega-3 pada kerang berguna sebagai perawatan untuk jantung. Omega-3 berfungsi sebagai penurun kadar trigliserida, jika kadar trigliserida pada tubuh Anda terlalu tinggi, itu sangat beresiko karena bisa mengakibatkan serangan jantung.

Dengan mengkonsumsi kerang segar, Anda bisa menurunkan kadar trigliserida yang dapat membahayakan nyawa Anda. Namun bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, mengkonsumsi kerang tidak dianjurkan dalam porsi berlebih. Kandungan kolesterol pada kerang bisa mengakibatkan kolesterol Anda naik dan bisa mengakibatkan penyakit jantung.

4. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi yang terkandung dalam kerang, berguna untuk membentuk hemoglobin. Hemoglobin berfungsi sebagai pengantar oksigen yang terdapat pada darah. Hilangnya hemoglobin bisa mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen dan membuat berkurangnya fungsi pada semua sistem tubuh.

Anda bisa mengkonsumsi kerang untuk menambah hemoglobin pada darah agar tidak terserang penyakit anemia yang akan membuat tubuh Anda kekurangan oksigen dalam darah.

Sebagian orang mungkin memiliki alergi pada masakan seafood. Kerang juga bisa membuat seseorang mengalami alergi seperti munculnya gatal, diare, mual, muntah, kesulitan bernapas, dan pembengkakan pada bagian tubuh tertentu. Jika hal tersebut terjadi, berhentilah mengkonsumsi kerang dan segera minum obat anti alergi. 

Mengkonsumsi kerang sangat tidak dianjurkan dalam kondisi mentah, hal tersebut bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan. Anda bisa memasak kerang dengan cara merebusnya selama 5 menit atau bisa juga dengan cara dikukus terlebih dahulu. Jangan memasak kerang yang cangkangnya sulit dibuka, karena jika cangkang kerang sulit dibuka, tandanya kerang tersebut sudah mati sebelum di masak. Kerang yang sudah mati akan cepat mengalami pembusukan. 

Artikel Lainnya

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Ada Gejala COVID-19? Ayo Tangani Secara Mandiri Di Rumah

Virus corona ditandai gejala-gejala serius yang mengganggu pernafasan, hal ini sangat berimbas kepad...

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Ingin Hidup Lebih Sehat? Tips Masak Ini Dapat Menurunkan Lemak dan Kolesterol

Lemak dan kolesterol merupakan elemen penting juga dalam tubuh manusia. Baik lemak maupun ko...

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php:203)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Backtrace:

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/core/BIMA_Controller.php
Line: 508
Function: set_cookie

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/application/modules/post/controllers/public/Main.php
Line: 206
Function: facebook_pixel

File: /home/gayahidup/web/gayahidup.id/public_html/index.php
Line: 317
Function: require_once